oleh

Dukung Olah Raga, Wali Kota Siapkan 95 Miliar Bangun Stadion

SORONG, – Potensi atlet di wilayah Papua Barat khususnya di wilayah Sorong sangat tinggi. Sayangnya, wadah atau tempat khusus untuk perhelatan event olah raga masih sangat minim.

Berlandaskan pemikiran tersebut, Wali Kota Sorong, Lambertus Jitmau memiliki impian untuk membuka stadion berskala internasional.

Impian tersebut diwujudkan dengan dimulainya proses pembangunan stadion olahraga, yang diberi nama Stadion Bawela di Lapangan Hokky Kampung Baru, Kota Sorong, Rabu (19/5/21).

Proses pembangunan Stadion Bawela diawali dengan peletakkan batu pertama oleh Ketua Dewan Adat Malamoi Kota Sorong, dilanjutkan oleh Wali Kota Sorong dan Ketua DPRD Kota Sorong. .

Wali Kota Sorong Lambert Jitmau dalam keterangannya mengatakan, pembangunan Stadion Bawela dilatar belakangi karena keprihatinannya melihat anak-anak muda di Kota Sorong yang memiliki segudang prestasi olah raga khususnya sepak bola, hanya berlatih di lapangan yang kurang representatif dan penuh dengan pecek. Sehingga dengan adanya stadion yang representatif semakin memacu semangat sportifitas generasi muda.

Selain itu dampak lainnya dengan pembangunan stadion adalah mendongkrak perekonomian warganya.

“Pembangunan Stadiun Bawela ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan APBD Kota Sorong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Sorong,” harap Lambert.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Sorong Fanik Tehupiory menjelaskan, luas lapangan sepakbola yang akan dikerjakan yaitu lebar 65 meter persegi dan panjang 110 meter persegi dengan sumber anggaran dari APBD Kota Sorong sebesar Rp 95.463.895.000 (sembilan puluh lima miliar empat ratus enam puluh tiga juta delapan ratus sembilan puluh lima ribu rupiah) dengan masa pekerjaan sekitar 18 bulan.

“Ini merupakan ukuran standar internasional. Pembangunan Stadiun Bawela akan menggunakan tribun tertutup dan seluruh perlengkapan didalam stadion lengkap, untuk nantinya digunakan pada momen-momen turnamen sepak bola,” beber Fanik.
Ditambahkannya, berdasarkan hasil pelelangan proyek Stadiun Bawela secara online, maka pelaksanaan pembangunan yang berkontrak dengan Pemerintah Kota Sorong adalah PT Andika Surya Eramitra dan konsultan pengawas adalah CV Apik Karya.

“Kami juga mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat Kota Sorong, agar pembangunan stadiun olahraga ini bisa berjalan lancar sesuai dengan yang sudah direncanakan,” harap Fanik. (Oke)

Komentar