oleh

Masyarakat Serbu Vaksin COVID 19 Gratis di Lanud DMA

 

MERAUKE, – Lanud Johannes Abraham (JA) Dimara (DMA) menggelar serbuan vaksinasi COVID 19 skala nasional bagi masyarakat umum secara gratis di Klinik Aried Riyadi Lanud JA DMA, Jl. Spadem, Merauke, Papua, Sabtu (3/7/21).

Kegiatan yang didukung Dinas Kesehatan dan Puskesmas Rimba Jaya itu disambut antusias masyarakat Merauke. Dari 100 vaksin yang disediakan, vaksinator ditambah menjadi 350 vaksin.

Komandan Lanud J.A. Dimara, Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto saat meninjau serbuan vaksinasi nasional langsung menyapa dan mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID 19.

“Ingat Bapak dan Ibu, walau sudah divaksin tetap harus disiplin dengan protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan. Tidak akan efektif vaksinasi ini bila tidak disiplin prokes,” imbau pria kelahiran Bogor yang memiliki tubuh tegap berotot, tegas dan disiplin ini.

Kepada wartawan, Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto menuturkan, peran serta TNI AU dalam hal ini Lanud JA DMA mendukung program percepatan penanggulangan coronavirus desease dengan pencapaian kekebalan kelompok atau herd immunity melalui vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo 1 juta orang perhari mulai Juli 2021.

“Kami TNI AU di Merauke melaksanakan serbuan vaksinasi bagi masyarakat umum secara gratis mulai hari ini dan akan berlanjut setiap hari sabtu sampai tanggal 21 Juli 2021. Mengingat keterbatasan vaksin yang ada di Dinas Kesehatan Merauke,” tuturnya.

Danlanud DMA merasa bersyukur melihat masyarakat yang membludak datang untuk vaksin. Bahkan, masyarakat sudah siap sejak pukul 07.00 WIT dari pelayanan yang dijadwalkan mulai 08.00 WIT hingga selesai.

Dia menjelaskan, syarat dan ketentuan untuk bisa mendapatkan vaksinasi gratis, peserta dalam kondisi sehat dan siap divaksin, serta harus mengisi formulir pendaftaran untuk keperluan administrasi dengan menyerahkan fotocopy KTP. Dilanjutkan pemeriksaan tensi dan suhu tubuh.

Setelah divaksin akan dilakukan observasi selama kurang lebih 30 menit, apabila selama observasi tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), maka peserta akan menerima kartu vaksinasi.

“Kita ingin mencapai target vaksinasi sebanyak-banyaknya, tentu dengan melihat kesiapan Dinkes Merauke,” demikian tandas Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto.

Pantauan media ini, turut hadir Kadisops Lanud J.A Dimara, Letkol Sus Widiyantara Hening, Kaurpusrah pentak Lanud J.A Dimara, Letda Sus Vivid Sumarwan dan sejumlah personil TNI AU. (Hida)

Komentar