Kembalikan Citra Ponpes Salafiyah, Puluhan Santri Ikuti Pembekalan Sebelum Pulang Lebaran Idul Fitri

KABUPATEN SORONG, PBD – Jelang memasuki hari raya lebaran Idul Fitri 1445 H yang tinggal menghitung hari, Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Syafi’iyah yang berlokasi di SP 3, Kabupaten Sorong, memulangkan puluhan santriwan-satriwati, Senin (1/4/24).

Diketahui, sebelum memulangkan puluhan santri tersebut, pada Minggu malam (31/3/24) Ponpes Salafiyah menggelar pembekalan.

Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah, Ahmad Fuad Hasan mengatakan bahwa, sebelum memulangkan puluhan santrinya, pihaknya melakukan pembekalan terhadap santri sebagai upaya pegangan santri saat berada diluar lingkungan Pondok Pesantren.

“Sebagai bekal mereka pada saat pulang, utamanya di jiwa dan di kepala mereka ada nama Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, yang mana akan menjadi pegangan mereka ketika diluar, mereka punya kewajiban untuk syiar juga. Apapun yang mereka lakukan, tetap akan dipandang dan akan berimbas pada Pondok Pesantren, maka tujuan pembekalan untuk memberikan rambu-rambu kehati-hatian ketika mereka bertindak diluar,” kata Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah, Ahmad Fuad Hasan kepada Sorongnews.com, Senin (1/4/24).

Lebih lanjut, dirinya meminta agar seluruh santri yang telah dipulangkan itu dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh serta senantiasa mengamalkannya.

Tak hanya itu, dirinya pun meminta agar seluruh santri tidak menjadikan libur lebaran ini sebagai momentum untuk bersenang-senang, namun dapat menampilkan etika, adab dan budaya kebaikan.

“Untuk saat ini, pondok dalam proses pembenahan dan perbaikan kepercayaan di masyarakat,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, sebagai pimpinan pondok, pihaknya berharap seluruh santri kedepannya dapat menjadi manusia baik, terutama dalam hal menebar kebaikan terhadap sesama.

“Berharap agar kedepannya bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi, manusia lebih baik dari sebelumnya, terutama menjadi manusia yang dapat bermanfaat baik bagi dirinya, orang lain, tetangga, keluarga seta teman-temannya diluar sana, mampu berkomunikasi dalam menyebarkan syair Islam,” harapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, puluhan santri yang dipulangkan itu akan menimba ilmu dan kembali masuk direncanakan pada 7 hari pasca lebaran Idul Fitri 1445 H. (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar