oleh

Lantamal XIV dan Unsur Kemaritiman Gelar Patroli Laut

SORONG, – Menggunakan 2 unit Sea reader G7 dan X2 miliki TNI AL, 1 unit Sea Reader milik Dirpolair Polda Papua Barat dan 1 unit Sea reader milik KPLP Sorong, serta 1 unit Kapal Angkatan Laut (KAL) Wayag, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., bersama Unsur Kemaritiman  menggelar patroli di sekitar laut Sorong dengan titik awal pelabuhan kota Sorong, Papua Barat, Selasa (22/12/20).

Danlantamal XIV, Brigjen TNI (Mar) Markos dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan patrol laut merupakan tindak lanjut diresmikannya posko terpadu pengamanan natal dan tahun baru yang  diresmikan Jumat (18/12/20). Sehingga Lantamal XIV mengajak unsur kemaritiman untuk patroli di wilayah perairan Kota Sorong guna mewujudkan keamanan, kelancaran lalu lintas barang dan penumpang melalui jalur laut selama masa menjelang pelaksanaan Natal dan tahun Baru (Nataru). Apalagi kegiatan ini salah satu dari program Kepala staf angkatan laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo margono, S.E., M.M., yaitu peningkatan kemampuan TNI AL dalam hadapi ancaman bersifat non Konvensional.

Ditengah-tengah pelaksanaan patroli, unsur kemaritiman langsung melaksanakan pemeriksaan kapal-kapal yang berada diperairan Sorong berupa surat-surat kelengkapan dan ABK kapal. Dimana dari hasil patroli tersebut belum ditemukan adanya pelanggaran dari persyaratan dokumen yang harus dimiliki.

Dalam patroli dimasa pandemi Covid 19 ini juga dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, yaitu menggunakan Masker, menjaga jarak dan mengecek suhu tubuh sebelum melakukan patroli. Dimana patroli ini akan dilakukan selama 17 hari atau hingga 8 Januari 2021 mendatang.

“Kami berharap selama perayaan Natal dan tahun baru ini, bagi penumpang yang baru tiba maupun mau berangkat, mari sama-sama menjaga protokol kesehatan, memperhatikan kenyamanan dan keamanan agar suka cita dalam natal dan tahun baru dapat dilaksanakan dengan damai,” harap Danlantamal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kolonel Mar Sunarko,S.E., Asintel Danlantamal XIV,  Kolonel Laut (P) Indra Joko Rerangin, Asops Danlantamal XIV, Kasi Patwal Airud Kota Sorong, Kapolsek pelabuhan Kota Sorong, Kepala Dishub Kota Sorong, Kasiops IV KSOP Kota Sorong, KPLP Kota Sorong, GM Pelindo Kota Sorong, Perwakilan Kantor Imigrasi Kota Sorong dan anggota Dirpolairud Kota Sorong. (Oke)

Komentar