Kunjungan Belajar TK Al Azhar ke Distrik Navigasi Sorong

SORONG, PBD – Puluhan anak berseragam olah raga dari TK Al Azhar berkunjung ke kantor distrik Navigasi kelas 1 Sorong di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (8/11/23).

Kepala TK Al Azhar, Lastri Suharningsih dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan belajar ini dalam rangka kurikulum Merdeka pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dimana proyek ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran kepada anak usia dini, bukan saja di sekolah tapi juga langsung ke lapangan sebagai pengetahuan untuk masa depan anak-anak.

___

“Kami berharap anak-anak bisa belajar mengenal dan menjadi kenangan terindah untuk memupuk cita-citanya menjadi lebih tinggi,” harap Lastri.

Mewakili kepala distrik navigasi kelas 1 Sorong, Kasi alur pelayaran, Ridwan Saini Rapi, S.Sos dihadapan anak TK dan orang tua pelajar mengatakan bahwa wilayah kerja kantor distrik Navigasi kelas 1 Sorong adalah seluruh Papua Barat Daya, Papua Barat, sebagian Papua dan Maluku Utara.

“Di Indonesia hanya ada 25 kantor distrik Navigasi. Dimana 1 kantor bisa melayani 4 sampai 5 Provinsi. Di distrik Sorong sendiri ada 4 kapal yang bertugas memberi pelayanan ke pelaut agar dapat berlayar dengan selamat dari pelabuhan asal sampai pelabuhan tujuan,” terang Ridwan.

Sambil mengantarkan anak-anak menuju dermaga, Ridwan pun memperkenalkan sejumlah rambu pelayaran dan ruang kemudi kapal navigasi.

Anak-anak TK ini terlihat bersemangat saat menuju dermaga dan menaiki kapal negara (KN) Yefyus. Satu persatu dengan tertib dibantu sejumlah bunda guru menaiki tangga diatas kapal menuju ruang kemudi.

Diatas kapal Nahkoda dibantu pengawak mengenalkan sejumlah alat keselamatan diri saat berada di laut dan peralatan pendukung pelayaran seperti teleskop.

Momen ini pun dijadikan orang tua untuk mengabadikan anak mereka saat berada di ruang kemudi Nahkoda. (Oke)

___ ___

Komentar