RJK Bekali 5 Point PPK Buat Kepala Sekolah SD SMP Se-kota Sorong

SORONG, PBD- Anggota Komisi X DPR-RI, Robert Joppy Kardinal, menegaskan bahwa ada 5 point’ penting dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Pernyataan tersebut Ia sampaikan saat menggelar wicara tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) seluruh kepala sekolah SD-SMP se-Kota Sorong, di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (20/7/23).

___ __ ___ ___

“Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) mencakup religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas, yang ditanamkan dan lalu kemudian akan dipraktikkan melalui sistem pendidikan,” ucap, Komisi X DPR-RI Robert Joppy Kardinal.

Jelas Robert, kota Sorong merupakan tempat pertama yang dilakukan giat wicara PPK dan tentu diharapkan para pelajar nantinya akan mendapatkan manfaat melalui guru.

“Nantinya para kepala sekolah yang hadir bisa melanjutkan pengetahuan yang telah didapat kepada masing-masing gurunya di SD-SMP Se-kota Sorong,” imbuhnya.

Lanjutnya, berikut 5 point utama dalam penguatan pendidikan karakter :

  1. Religius yang merupakan nilai karakter, mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dalam bentuk perilaku melaksanakan ajaran agama yang dianut.
  2. Nasionalis ialah karakter yang menuntun cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi dan politik bangsa.
  3. Mandiri dimaksudkan, sikap dan perilaku tidak tergantung pada orang lain serta mempergunakan segala tenaga, pikiran dan waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi serta cita-cita.
  4. Integritas yakni nilai yang mendasari perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.
  5. Gotong Royong adalah karakter yang mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan secara bersama. (Mewa)
___ __ ___

Komentar