KPU Pastikan Nihil Calon Independen di Pilkada Bupati Sorong 2024

KABUPATEN SORONG, PBD – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong memastikan tidak ada (nihil) Calon Bupati-Wakil Bupati Sorong yang maju melalui jalur independen atau perseorangan di Pilkada Bupati Sorong tahun 2024.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Sorong telah menutup penerimaan syarat minimal dukungan Bakal Calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Sorong tahun 2024, Minggu malam (12/5/2024) pukul 23.59 WIT.

Ketua KPU Kabupaten Sorong, Frengki Duwith menuturkan bahwa, jadwal pendaftaran jalur independen atau perseorangan telah dibuka pihaknya sejak Rabu (8/5/24) lalu hingga Minggu (12/5/24) pukul 23.59 WIT. Hal ini sebagaimana telah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024.

“Untuk penerimaan syarat minimal dukungan Bakal Calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Sorong, kami telah menutupnya ditanggal 12 Mei, pukul 23.59 WIT,” ujar Ketua KPU Kabupaten Sorong, Frengki Duwith kepada wartawan, Senin (13/5/24).

Lebih lanjut, diakuinya bahwa, sejak hari pertama pembukaan penerimaan hingga penutupan penerimaan, KPU Kabupaten Sorong membeberkan belum menerima adanya Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sorong yang mendaftar ke KPU Kabupaten Sorong.

“Sejak awal pembukaan hingga dihari terakhir penerimaan pendaftaran, tidak ada satupun Balon Bupati dan Wakil Bupati Sorong yang menyerahkan syarat minimal dukungannya atau berkonsultasi ke kita KPU, tidak ada sama sekali,” bebernya.

Diterangkannya bahwa, dengan ditutupnya secara resmi penerimaan syarat minimal dukungan Bakal Calon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Sorong tahun 2024, maka diungkapkannya, selanjutnya KPU Kabupaten Sorong berfokus dalam menyelesaikan perekrutan badan adhoc yaitu pembentukan PPD hingga PPS.

“Untuk penerimaan syarat minimal dukungan ini kita sudah resmi tutup tadi malam ya, sehingga tidak ada Calon Bupati dan Wakil Bupati Sorong yang mendaftar untuk jalur perseorangan. Maka dari itu selanjutnya kami KPU Kabupaten Sorong fokus untuk perekrutan badan adhoc,” ungkapnya. (Jharu)

___

Komentar