KPU Kabsor Sebut Uang Transport Pelantikan-Bimtek KPPS Berjalan Aman, Ini Nominalnya

KABUPATEN SORONG, PBD – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong menyampaikan telah membayar keseluruhan uang transportasi pelantikan dan bimbingan teknis (bimtek) bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Pihaknya menyebut uang transportasi yang diterima sebesar Rp 150 ribu perorang tiap kegiatan.

‘Kita kasih rata, Rp 150 ribu perorang tiap kegiatan. Semuanya rata,” ucap Sekretaris KPU Kabupaten Sorong, Marthen Kambuaya kepada Sorongnews.com, Rabu (31/1/24).

Dibeberkannya bahwa, nominal uang transportasi itu sudah ditetapkan dalam regulasi yang berlaku. Hal itu telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 83/PMK.02/2022 tentang Standar Biaya Masukan (SBM) Tahun Anggaran 2023.

“Kita tetap berikan, nilainya kita harus sesuaikan dengan anggaran, tidak bisa seusai dengan tingkat kemahalan pasti tidak bisa cukup, yang penting semuanya sama, merata,” bebernya.

Ditambahkannya bahwa, penyaluran uang transportasi kepada KPPS itu sesuai dengan instruksi KPU RI agar semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Anggaran uang transportasi bagi KPPS diserahkan melalui masing-masing Panitia Pengawas Pemilu Desa/Kalurahan (PPD).

“Sesuai dengan instruksi KPU RI, yang penting semua kegiatan bisa terlaksana, mereka (KPPS) pulang pasti membawa uang transportasi, sudah kita siapkan. Kita sudah salurkan ke masing-masing PPD untuk disalurkan ke mereka (KPPS),” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, jumlah KPPS Kabupaten Sorong sebanyak 3.640 petugas, yang tersebar di 520 TPS dari 30 Distrik.

Diketahui, 3.640 petugas KPPS telah resmi dilantik dan melakukan bimtek serentak pada tanggal 25 Januari 2023 lalu. Pelantikan dan bimtek itu digelar dimasing-masing Distrik yang ada diwilayah Kabupaten Sorong. (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar