oleh

Kota Sorong Jadi Kota Pertama Miliki Gustu Gerakan Revolusi Mental

SORONG, – Kota Sorong menjadi daerah pertama di Papua Barat yang telah memiliki Gugus Tugas (Gustu) Gerakan Nasional Revolisi Mental (GNRM).

Hal ini disampaikan Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Drajat Wisnu Setiawan saat melakukan Focus Grup Discussion arah kebijakan Gustu GNRM di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (16/12/20).

Ia mengatakan bahwa dari 34 Provinsi ada 5 Provinsi yang belum membentuk Gustu GNRM yaitu Provinsi Maluku, Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau dan Banten. Sedangkan dari 514 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, baru 96 Kabupaten Kota yang membentuk Gustu GNRM.

Ia menambahkan ada permasalahan sehingga masih belum dibentuknya Gustu GNRM, yaitu belum seluruh kepala daerah memperhatikan amanat Inpres nomor 12 tahun 2016 tentang revolusi mental, minimnya anggaran yang dialokasikan untuk pembentukan tim gerakan nasional revolusi mental di daerah, masih banyak program dan kegiatan di daerah yang belum sejalan dengan kegiatan revolusi mental serta kurangnya dorongan intensif provinsi terhadap kabupaten kota untuk membentuk tugas-tugas gerakan revolusi mental di daerah.

Komentar