oleh

Kisah Inspiratif Warga Jayapura Bergabung di Platform Transportasi

JAYAPURA, – Bagi masyarakat Jayapura, transportasi umum tadinya menjadi kendala dalam beraktivitas. Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Jayapura, jumlah kendaraan aktif angkutan darat di Kabupaten Jayapura pada tahun 2017 sebanyak 56.039 unit dan hanya 3% yang digunakan untuk angkutan umum. Hal ini mempersulit aktivitas warga Jayapura terutama yang tidak memiliki kendaraan pribadi, padahal transportasi menjadi salah satu penyokong utama perputaran roda perekonomian.

Platform digital menjadi solusi bagi masyarakat Jayapura dalam menjalankan aktivitasnya, menghadirkan solusi transportasi yang mudah, cepat, aman dan nyaman. Tidak hanya itu, teknologi digital yang hadir sejak 2017 lalu juga mampu membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Hal ini dirasakan langsung oleh Meteda Yikwa (50), penduduk asli Jayapura di Sentani, yang melihat betul transformasi infrastruktur transportasi di Jayapura sejak hadirnya platform digital. Bergabung menjadi mitra pengemudi GrabBike pada tahun 2017 silam, Meteda merupakan salah satu mitra pengemudi online pertama di Jayapura.

Meteda mengatakan bahwa sebelum hadirnya transportasi online, banyak masyarakat yang kesulitan untuk bepergian, terutama untuk urusan penting yang mendesak. “Karena dulu transportasi umum sangat terbatas dan tidak tersedia 24 jam. Harganya juga kadang tidak wajar,” paparnya.

Komentar