oleh

Kerukunan Jawa Sunda Madura Sembelih 6 Ekor Sapi Kurban

Pengurus dan anggota Ikaswara saat memotong hewan kurban / doc. Ikaswara

Sorongnews.com – Ikaswara untuk pertama kalinya menyelenggarakan pemotongan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1441 H. Ikatan Keluarga Sunda Jawa Madura (Ikaswara) Kota memotong 6 ekor Sapi kurban.
Pemotongan Sapi kurban dilaksanakan di salah satu pemukiman pengurus Ikaswara, di Toko Pangestu Kilometer 12 masuk Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (2/8).
Ketua Ikaswara, Tupono dalam keterangannya kepada Sorongnews.com mengatakan bahwa kurban tahun 2020 merupakan kali pertama Ikaswara melakukan pemotongan hewan kurban. 
“Alhamdulillah kali ini Ikaswara bisa menyembelih 6 ekor sapi kurban. Sedangkan kerukunan-kerukunan anggota Ikaswara tiap tahun sudah melakukan pemotongan hewan kurban. Selain dari Ikaswara, untuk tahun ini juga berkurban disetiap komunitas Ikaswara seperti Sragen Bersinar 5 ekor sapi, Solo 4 ekor, Tulung Agung 4 ekor, KKB 2 ekor, Lamongan 3 ekor, Bojonegoro 2 ekor,  Banyumasan 2 ekor, ngajuk, sunda dan lain sebagainya,” rinci Tupono.

ketua Ikaswara saat memberikan bantuan bahan makanan dan daging sapi kepada yang membutuhkan / doc. Ikaswara

Ia pun berharap kepada sohibul kurban (orang yang berkurban) bisa menauladani apa yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, dimana mereka berkurban semata-mata demi Allah SWT, bukan karena pamrih dan riya, sehingga kadar ketaqwaannya semakin meningkat. 
“Mudah-mudahan tahun depan ekonomi membaik sehingga yang berkurban juga makin banyak. Kemarin hewan kurban selain diberikan sebagian kepada Sohibul kurban, juga disalurkan kepada para mualaf dan kaum dhuafa.
Pemotongan hewan kurban berlangsung penuh keakraban antara pengurus dan anggota Ikaswara. Dimana sebelum sembelihan, dibuka dengan sarapan khas jawa yaitu Nasi pecel. Usai pemotongan, daging sapi dimasukan dalam plastik mika dan disalurkan kepada kaum dhuafa dan mualaf. (Ola)

Komentar