oleh

JKN Mobile Hadir Mempermudah Masyarakat Kota Sorong No Tipu-Tipu

SORONG,- BPJS Kesehatan menggelar Sosialisasi Digitalisasi Pelayanan Kesehatan, kegiatan yang berlangsung selama sehari ini didahului dengan adanya peluncuran Digitalisasi JKN Mobile oleh Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau, bertempat di Hotel Vega, Kota Sorong, Papua Barat,Jumat (27/5/22).

Kepala BPJS Kesehatan Kota Sorong, Yoga Gilang Wardanu, saat ditemui insan pers usai peluncuran JKN Mobile mengatakan bahwa, aplikasi JKN Mobile ini hadir untuk mempermudah masyarakat secara khusus Pasien yang tidak perlu repot-repot lagi untuk mengantri.

“Intinya Aplikasi JKN Mobile ini kita menghadirkan agar Pasien tidak perlu mengantri di Klinik atau di Rumah Sakit cukup daftar melalui aplikasi sehingga tidak membuang waktu terlalu lama di fasilitas Kesehatan cukup menunggu di rumah, kalau nanti waktu layanannya sudah mendekati baru datang dan tinggal periksa,” ujar Wardanu.

Selain itu dirinya juga mengatakan Peserta sudah bisa melihat ketersediaan ruang rawat di rumah sakit baik kelas satu tersedia berapa ruangan, kelas dua tersedia berapa ruangan, dan kelas tiga berapa ruang.

Sehingga pasien tidak bisa dibohongi dengan penuhnya ruang rawat oleh pihak Rumah sakit sebab semua sudah terlihat jelas pada Aplikasi JKN Mobile termasuk juga peserta bisa melakukan screening riwayat kesehatan untuk melakukan Medical Check Up sederhana lewat aplikasi sampai pada Pasien yang berpotensi penyakit diabetes ataupun hipertensi semua sudah bisa terlihat secara digital.

Program ini merupakan Program pertama yang muncul di Kota Sorong melalui BPJS Kesehatan mengingat ketersediaan jaringan di Kota Sorong cukup bagus sehingga seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas dengan mudah bisa terhubung

“Warga Sorong yang sudah mendapat fasilitas saat ini mencapai 99,46% dengan total jumlah penduduk sebanyak 282.000 dan sekitar 280.00 penduduk sudah menjadi peserta JKN itu hal ini berdasarkan data BPJS kesehatan dan data kementerian dalam Negeri kependudukan dan pencatatanan,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Sorong, Lambert Jitmau, dalam sambutannya mengatakan pemerintah kota Sorong dalam hal ini siap mendukung BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS ke arah yang baik.

“Saya juga terus akan mendorong Dinas yang terkait agar menjalankan komunikasi koordinasi dengan BPJS Kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Upaya ini kami lakukan untuk meningkatkan taraf Kesehatan Masyarakat di Kota Sorong ke arah yang lebih baik,” tutupnya. (Mewa)

Komentar