Idul Adha 29 Juni, Ada Malam Takbiran dan 6 Titik Lokasi Sholat Ied

SORONG, PBD- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sorong, Rofiul Amri, menegaskan bahwa perayaan Idul Adha 1444H tetap dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2023 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikannya Rofiul, kepada sorongnews.com, saat diwawancarai via telepon, Selasa (20/6/23).

___

“Jadi setelah rapat bersama pengurus PHBI, Ormas-ormas Islam se- kota Sorong itu telah diputuskan kembali bahwa akan diselenggarakan sholat Idul Adha berdasarkan keputusan sidang isbat, penentuan 1 Dzulhijah, yaitu hari Senin (19/6) sehingga 10 Dzulhijah pada 29 Juni,” ucapnya.

Dikatakannya, semua hasil putusan rapat bersama pengurus-pengurus Islam sekota sorong mengikuti arahan kementerian agama pusat yang kemungkinan besar dilaksanakan pada tanggal 29 juni 2023.

Lanjutnya, kemudian titik lokasi pelaksanaan sholat Idul Adha ada 6 titik yaitu di halaman kantor Walikota, pantai Reklamasi, lapangan GOR, Masjid Raya, lapangan upacara MAN, halaman Lantamal XIV. Sedangkan tempat lainnya seperti masjid-masjid tidak menutup kemungkinan untuk dilaksanakan Sholat Ied.

Bebernya, jelang sholat Ied akan dilaksanakan takbir keliling pada malam hari 28 juni 2023, dengan rute star mulai dari depan stadion Bawela, km 12 kemudian finish didepan taman Sorong City.

“Nanti dimalam takbiran akan dilaksanakan juga lomba mobil hias dengan persyaratan, takbir dengan menggunakan suara sendiri tanpa bantuan musik,” jelasnya.

Rofiul menambahkan, selain itu setiap mobil dihiasi dengan nuansa yang sesuai dengan suasana dari perayaan Idul Adha itu sendiri.

Ia berharap pelaksanaan Idul Adha kali ini dapat berjalan aman dan lancar.

Sementara itu ketua PHBI yang coba dihubungi media ini belum memberikan respon. (Mewa)

___ ___

Komentar