oleh

Hubbul Quran Sorong Siapkan Generasi Pecinta Quran

 

SORONG,- Komunitas Hubbul Quran Sorong siapkan Generasi Milenial untuk lebih mencintai Al Quran, Serta membina dalam mempelajari ayat ayat Quran.

Kepada Sorongnews.com, Jum’at (5/6/21) Dirfan Kahar, Ketua Komunitas Hubbul Quran Sorong menceritakan tentang awal mula komunitas ini berdiri sampai mampu eksis sampai saat ini.

Ia mengutarakan bahwasanya komunitas Hubbul Quran Sorong ini diambil dari bahasa Arab yaitu Hubbul yang berarti Cinta dan Quran adalah kitab suci Al Quran, sehingga Hubbul Quran memiliki makna komunitas pecinta Al Quran.

Tujuan dari komunitas ini untuk sama-sama mengakomodir ataupun menarik perhatian terhadap generasi muda yang cinta terhadap ayat suci Al Quran untuk sama bergabung kedalam komunitas ini untuk sama sama dibina sehingga mendapatkan regenerasi baru yang cinta terhadap kitab suci nya.

Komunitas ini berdiri atas inisiatif sendiri serta didalamnya yang terdiri dari para Qori Qoriah serta hafidz hafidzah Kota Sorong sehingga terbentuklah sebuah wadah untuk sama-sama mencanangkan lebih cinta terhadap ayat suci Alquran.

Hubbul Quran sendiri di launching pada tanggal 28 April 2021 bertepatan dengan malam Nuzulul Quran atau yang kerap disebut sebagai malam turunnya Al Quran yang bertempat musholah Almunawarah, Kota Sorong, Papua Barat.

Ia berharap dengan berdirinya komunitas HQS ini, ilmu yang dimiliki Qori, Qoriah, Hafidz dan Hafidzah dapat disalurkan kepada orang lain, terutama adik-adik mereka dalam melafazkan ayat ayat suci Al-Quran baik dari segi makna maupun dari Makhrajul hurufnya.

Kegiatan komunitas HQS ini mempunyai program kerja yang mereka sudah realisasikan yakni pembagian kitab suci Al Quran di beberapa pondok pesantren, selain itu juga didalam komunitas ini mereka melakukan pelatihan-pelatihan yakni diantaranya pelatihan tilawah, Tahfidzul Quran, pelatihan teknik dalam melafazkan ayat suci alquran serta memberikan edukasi untuk lebih mencintai Al Quran.

Ia harapkan bahwasanya dalam HQS ini mampu membentuk bakat dalam seni baca alquran.

Kegiatan HQS ini disebarluaskan melalui channel youtube mereka yakni Hubbul Quran Sorong.

“Jangan pernah bosan untuk terus belajar dan mengkaji kitab suci alquran, Selanjutnya jangan pernah merasa bahwa diri sudah besar dan menganggap dirinya tidak usah lagi belajar tentang alquran, akan tetapi harus menanamkan sifat bahwa saya butuh belajar serta saya butuh ilmu,” harap Dirfan. (Jharu/Riq).

Komentar