oleh

Lulusan MAN IC Sorong Diharapkan Menjadi Mercusuar Bagi Papua

 

SORONG,- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong (MAN IC Sorong) melaksanakan kegiatan wisuda dan perpisahan Siswa-Siswi kelas XII Angkatan 3 Tahun Ajaran 2020/2021 yang dilangsungkan di Aula MAN IC Sorong, Papua Barat, Sabtu (5/6/21).

Kegiatan ini telah mematuhi protokol kesehatan, mulai dari seluruh peserta yang telah melakukan rapid test hingga mendapatkan pengawasan ketat dari satgas COVID setempat.

Wisuda dan Pelepasan ini pun dihadiri serta disaksikan oleh Wakil Bupati Sorong, Kepala Kemenag Kabupaten Sorong, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kabupaten Sorong, Kepala Kelurahan Makbalim serta Pejabat Pemerintahan lainnya.

Sebanyak 88 Siswa yang terdiri dari 68 siswa jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) dan 20 siswa jurusan ilmu pengetahuan social (IPS) merupakan bagian dari angkatan ke 3 ini resmi diwisuda dan dilepas dari pihak madrasah kepada orang tua murid. Dari 88 siswa yang diwisuda terdapat 69 siswa yang melangsungkan wisuda secara offline dan 19 siswa lainnya melaksanakan secara virtual.

Dasar penyelengaraan yakni berdasarkan Surat Keputusan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong Nomor 2-789/MA.33.04/PP/00/04/2021 Tentang Penempatan Kelulusan Peserta Didik Tahun Ajaran 2020/2021 serta berdasarkan dengan Surat Keputusan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong Nomor B-98/MA.33.04/PP/00/04/2021 Tentang Panitia Wisuda dan Pelaksanaan Pelepasan Angkatan 3 Tahun Ajaran 2020/2021.

Adapun rancangan pembiayaan kegiatan wisuda dan pelepasan ini bersumber dari wisudawan itu sendiri yang berjumlah Rp 59.429.000,00,-

Ketua Panitia Wisuda dan Pelepasan Siswa MAN IC Sorong, Bongso Karepesina, menuturkan bahwasanya pelaksanaan dari Kegiatan wisuda dan pelepasan siswa kelas XII Angkatan 3 memiliki tujuan selain melatih dan melepaskan siswa yang telah menyelesaikan pendidikannya selama kurang lebih 3 tahun, juga bertujuan untuk upaya refleksi diri yang berkaitan dengan 3 kompetensi yaitu kompetensi akademik, nilai maupun sikap.

Sesuai Hasil Pertimbangan dari Pihak Madrasah bahwasanya terdapat 15 Wisudawan yang dinobatkan sebagai wisudawan dan wisudawati terbaik. 6 diantaranya dibidang Akademik, 3 dibidang Prestasi dan 6 lainnya dibidang Keasramaan Tahfidz Qu’an.

Bongso menegaskan bahwasanya wisudawan dan wisudawati mengukir banyak Prestasi baik di Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional hingga bahkan tingkat Internasional.

Kepala MAN Insan Cendekia Sorong, Ismail Z. Betawi, dalam sambutannya mengatakan bahwa Angkatan ke 3 ini merupakan seorang pejuang yang dimana Wisudawan telah berjuang keras demi sebuah masa depan yang gemilang untuk bangsa ini.

Kemudian Kami harapkan bahwasanya wisudawan yang telah kami lepas dari pihak madrasah kepada orang tua siswa sekiranya dapat menerapkan semua ilmu yang telah diberikan oleh kami dan dapat diimplementasikan di kehidupan wisudawan agar ilmu yang diberikan kami dapat berguna untuk kehidupan mereka, Harap Ismail.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa lulusan MAN IC Sorong diharapkan menjadi suri tauladan bagi lingkungan sekitar dan mampu menjadi mercusuar bagi dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Sorong ini bahkan hingga tingkat Nasional.

“Selamat Atas Kelulusan Angkatan 3 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sorong, Semoga Menjadi Harapan Bangsa Ini Kedepannya,” harap Wakil Bupati Sorong. (Jharu/Agung)

Komentar