Hindari Kepadatan, Pemudik Balik Lebih Awal

SORONG,- Demi menghindari padatnya penumpang Sorong-Waisai Raja Ampat pada minggu besok (8/5/22) serta meminimalisir waktu sebagian pemudik memilih kembali lebih awal usai merayakan perayaan Idul Fitri bersama keluarga, sebagian besar penumpang merupakan warga lokal yang akan kembali untuk bekerja serta wisatan yang hendak berlibur.

Menurut pantauan sorongnews.com, sabtu (7/5/22) arus balik Sorong- Raja Ampat mulai alami peningkatan hal ini dilihat dari antrian setiap calon penumpang yang berbaris panjang depan loket pembelian tiket, mengingat bahwa akan berakhir masa liburan sehingga pada senin pekan aktifitas kerja baik kantoran dan swasta akan kembali normal.

___

Dua hari jelang dimulainya aktivitas perkantoran, aktivitas di pelabuhan rakyat penyeberangan sorong raja ampat mulai mengalami peningkatan, penumpang yang ada sebagian besar merupakan warga lokal yang akan kembali untuk bekerja.

Salah Satu Pemudik, Dewi Lumalutur, saat ditemui usai mengantri tiket mengatakan bahwa, lebih mementingkan waktu biar cepat sampai karena mengingat hari senin aktifitas kerja sudah mulai kembali normal.

“Saya memilih hari sabtu ini balik karena ingin mempersingkat waktu sebab sudah ada pemberitahuan bahwa sebelum tanggal (9/5/22) sudah harus ada di raja ampat, selain itu juga untuk menghindari terjadinya penumpang yang padat biasanya H-1 sebelum masuk kerja,” ujar Dewi.

Sementara itu sebelum melakukan perjalan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Laut Sorong (KSOP) terlebih dahulu memastikan kapasitas kapal dan jumlah penumpang yang akan berangkat, sehingga tidak terjadi gangguan saat perjalanan.

Kepala Kantor KSOP Kelas 1 Kota Sorong, Jece Julita Piris, usai melakukan pengecekan mengatakan bahwa, untuk saat ini aktifitas kapal di pelabuhan rakyat sendiri masih normal dengan presentasi diprediksikan mencapai 85%.

“Sebenarnya posko kita selesai di tanggal (18/5/22) nanti ada satu kapal dan (19/5/22) setelah posko nanti ada dua tanggal nah, disitulah yang akan terjadi arus balik karena penumpang terbanyak berasa dari makasar dan bau-bau. Kami akan tetap mengantasipasi di pada kedua tanggal tersebut,” ungkap Piris.

“Terkait dengan protokol kesehatan sendiri pada saat pembelian tiket secara online itu sudah ketahuan vaksinnya sudah sampai vaksin berapa, untuk sarana laut sudah tidak pakai antigen apabila sudah vaksin dosis 1 dan 2,” lanjutnya.

Dirinya juga menghimbau kepada pemudik agar melakukan perjalanan pulang atau kembali ke tempat masing-masing mendahului waktu padatnya, serta berharap bisa kembali dari jauh hari dengan membeli tiket pada tempat yang telah disediakan, jangan naik kapal tanpa tiket serta tetap menjaga protokol kesehatan.

Tidak hanya itu Ksop pun tidak lupa melakukan pengecekan protokol kesehatan, dengan membagikan masker kepada penumpang yang tidak menggunakan masker pada saat akan berangkat. (Mewa)

___ ___

Komentar