oleh

Dua Kampung Wilayah Aifat Utara Dinobatkan Kampung Tangguh Ketahanan Pangan

MAYBRAT, – Dua kampung di wilayah Distrik Aifat Utara, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, yaitu Kampung Neset dan Fonatu dinobatkan jadi kampung Yaba Nonti, atau kampung mandiri dan tangguh sektor ketahanan pangan. Dua kampung tangguh ini, diresmikan langsung Kepala Distrik Aifat Utara didampingi jajaran Polsek Aifat, Selasa (23/2/21).

Kepala Distrik Aifat Utara, Philipus Fanataf, S. Sos menjelaskan bahwa, kedua kampung yang diresmikan sebagai kampung tangguh yakni, Neset sama Fonatu memiliki potensi. Dua kampung ini tidak hanya terkenal untuk penghasil buah nenas, tapi juga bermacam- macam sayuran, pisang dan kasbi. Lalu ikan lele lewat keramba dan ayam.

Menurutnya, untuk lumbung pangan wilayah dua kampung tersebut, sangatlah melimpah. Pasalnya, setiap warga tidak hanya memiliki satu kebun saja tetapi banyak kebun dengan membuat tanaman yang beda-beda. Namun yang menjadi kendala besar pasaran seperti nenas, jika musim panen banyak buah tetapi tidak tau harus drop kemana.

“Jadi banyak potensi yang dihasilkan tangan -tangan warga lewat kebun di dua kampung ini namun yang jadi kendala pasaran masih sulit. Sehingga jika bicara mandiri, dari dulu sudah hidup mandiri cuma kelompok masih baru. Kita harap, setelah resmikan kampung tangguh ini warga lebih maju”, kata Philipus kepada awak media, kemarin.

Komentar