oleh

Dinas Kominfo Merauke Latih Aparat Distrik dan Kampung di Ngguti Melek IT

 

MERAUKE, – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Merauke menggelar pelatihan aplikasi komputer dan website bagi aparat distrik dan aparat kampung pada 6 kampung yang tersebar di Distrik Ngguti, Merauke, Papua selama lima hari 5-9 Juli 2021.

Sebanyak 30 peserta dari Distrik Ngguti, Kampung Yawimu, Kampung Po Epe, Kampung Taga Epe, Kampung Nakias, dan Kampung Salam Epe antusias mengikuti pelatihan yang berpusat di SD Kampung Poepe.

Penanggung jawab kegiatan yang juga Kabid Pengembangan Layanan Dinas Kominfo Kabupaten Merauke, Nugroho Asrianto, kepada Sorongnews.com mengatakan, pelatihan dilaksanakan untuk meningkatkan SDM dan membuka wawasan agar masyarakat kampung melek IT dan dapat menunjang pekerjaan sebagai aparat kampung dan distrik.

“Pelatihan sedang berlangsung, peserta sangat antusias mengikuti dengan seksama. Semoga setelah pelatihan ini, ilmu yg didapatkan dapat diaplikasikan pada kampung masing-masing dan Distrik Ngguti semakin melek IT,” tuturnya via telepon seluler.

 

 

Dia mengakui, sengaja dipilih Distrik Ngguti karena belum pernah tersentuh kegiatan tersebut. Sejalan dengan program Kominfo Merauke menyasar 20 Distrik dan seluruh kampungnya tersentuh kegiatan pelatihan aplikasi komputer dan website.

Menghadirkan tenaga pengajar dan narasumber dari ASN dan Praktisi IT di Dinas Kominfo Merauke, Kepala Distrik Heri Purnomo. Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Merauke dalam hal ini Kadis Kominfo Merauke Herman Gebze, didampingi Ketua Panitia, Almudin Simanjuntak itu menerapkan protokol kesehatan (Prokes), peserta dibagikan masker, dan hand sanitiser, serta menjaga jarak. Bahkan, para narasumber sudah melaksanakan vaksin tahap pertama dan kedua.

“Antusias peserta bahkan meminta kegiatan ini dilaksanakan sampai malam dan ditambah waktunya,” beber Nugroho Asrianto.

Pria yang akrab disapa Nugi ini sangat bersyukur karena Ngguti sebagai wilayah pelosok Merauke kini masyarakatnya sudah bisa menikmati jaringan internet. Terutama di kampung Poepe terkoneksi sinyal XL. Jaringan 4G XL di kampung ini cukup luas jangkauannya dan kencang, bisa digunakan untuk streaming Videocall dan ZOOM Meeting.

“Alhamdulillah ada WiFi di kampung Poepe. Telah terpasang BTS dengan sinyal 4G, provider XL. Bisa digunakan secara umum untuk masyarakat. Untuk kantor distrik terpasang WiFi dari BAKTI Kominfo sejak 2019, sedangkan kampung Poepe sinyal 4G sejak 2020. Tahun 2021 semua kampung di distrik Ngguti akan terpasang BTS,” demikian tandasnya. (Hida)

Komentar