oleh

Daya Listrik Melimpah, PLN UP3 Merauke Siap Alirkan ke 52 Kampung

MERAUKE, – PLN Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3) Merauke saat ini tengah menyiapkan aliran listrik ke 52 desa/kampung diwilayah operasionalnya antara lain Kabupaten Merauke, Boven Digoel dan Mappi.

Kepala PLN UP3 Merauke, Abrar kepada wartawan menuturkan, komitmen PLN melayani seluruh masyarakat yang membutuhkan listrik dibatas negeri. Maka bagi kampung yang belum terjangkau jaringan listrik sudah disiapkan listrik pedesaan kerjasama dengan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia.

“Sejauh ini kita mendapat mandat melaksanakan di 52 desa/kampung tersebar pada 3 kabupaten yaitu Merauke, Boven Digoel dan Mappi. Berupa PLTS dan Stasiun Pengisian Energi Listrik (SPEL),” terang pria Asal Padang ini diruang kerjanya.

Dia merincikan, konstruksi dan pengadaan jaringan listrik untuk 14 kampung di Merauke masih dalam proses pengadaan di Kementrian ESDM. Diharapkan bisa segera terlaksana sehingga dapat menerangi kampung di Distrik Merauke, Kimaam, Tubang , Ngguti, Kaptel, Tabonji, Waan, dan Ilwayab. Khusus kampung Nggolar sudah proses konstruksi dan pembangunan jaringan.

Selain itu, di Boven Digoel justru sudah siap selesai kontruksinya di enam kampung dan dua kampung masih dalam pelaksanaan. Sedangkan Mappi, ada 30 kampung penerima aliran listrik diantaranya 25 kampung sudah selesai kontruksi dan lima kampung masih menunggu dari kementrian.

“Sejauh ini desa-desa tersebut warganya berharap untuk segera listrik bisa menyala. Kita juga menyiapkan infrastruktur lainnya seperti jaringan masuk ke pelanggan dan operator. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terealisasi dan nyala,” ucap Abrar.

Berapapun kebutuhan pelanggan, sambungnya, PLN akan memenuhi dan menarik jaringan listrik masuk. Terlebih ketersediaan daya listrik di Merauke sangat cukup. Sementara itu, total keseluruhan pelanggan prabayar dan pasca bayar dari 3 kabupaten diwilayah PLN UP3 Merauke tercatat baru 80 ribu.

“Kita punya pembangkit yang akumulasinya ada sekitar 43 MVA (Mega Volt Ampere). Beban puncak di Merauke dalam kota dan sekitarnya itu sekarang baru sekitar 23 MVA. Kita masih punya cadangan daya 20 MVA sehingga kita merangsang para calon konsumen untuk bisa segera menyelesaikan proyek kebutuhan listriknya. Kita bisa aliri mereka karena dayanya sangat mencukupi,” lugasnya.

Abrar pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi PLN Mobile untuk mengecek tagihan dan riwayat token, permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara, informasi tarif listrik terkini, cek status pengaduan dan permohonan, berita terkini mengenai PLN, info pemeliharaan listrik dan telepon CC PLN 123 gratis (VolP).

“Akses mudah layanan listrik. PLN Mobile sangat membantu pelanggan berurusan dengan PLN. Selama satu tahun ini, aplikasi yang didownload dari playstore ini sudah hampir 5.900 yang instal,” demikian tandasnya. (Hida)

Komentar