oleh

Dari 14 Balon DPD RI Versi Silon, Baru 3 Orang Dokumennya Diterima KPU PBD

SORONG, – Kontestasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI tinggal sehari lagi, KPUD Papua Barat Daya menyatakan ada 14 kontestan yang telah mendaftar melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon) DPD RI untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Papua Barat Daya (PBD).

Namun hingga Jumat (6/1/23) dari 5 orang yang mendatangi KPUD PBD, baru 3 orang yang berkas dokumennya diterima KPUD PBD. Hal ini sebagaimana disampaikan Plt Komisioner KPU PBD, Fatmawati.

“Dari 14 orang yang mendaftar di Silon, baru 3 orang yang dokumennya diantar dan dinyatakan diterima karena sesuai dengan dokumen pada Silon, termasuk dukungan minimal 1.000 orang dan sebaran 50 persen dari wilayah Papua Barat Daya. Sedangkan 1 orang berkasnya dikembalikan karena butuh perbaikan dan satu orang yang datang belum diterima karena datang saat pelayanan telah tutup,” ujar Fatma.

Adapun 3 orang bakal calon (balon) Anggota DPD RI Dapil Papua Barat yang telah diterima KPU PBD adalah senator petahana Sanusi Rahaningmas, senator petahana Mamberop Yosephus Rumakiek dan pendatang baru Hartono. Sedangkan Amalud Bounauw yang terlihat tiba di kantor KPU PB sekitar pukul 16.40 WIT dikembalikan dokumennya karena dokumen fisik berbeda dengan dokumen digital yang ada pada file Silon.

Sementara kandidat lainnya, Amirudin ‘Daeng Pace’ yang terlihat datang dengan dukunganpenuh dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan sekitar pukul 17.30 WIT berkasnya belum diterima KPU PBD karena pada saat itu pelayanan KPU PBD telah tutup. (Oke)

Komentar