oleh

Bupati : Penembakan di Aifat Timur Kriminal Biasa, Warga Tak Perlu Panik

 

MAYBRAT, – Bupati Maybrat, Bernard Sagrim menanggapi insiden aksi penembakan yang terjadi pada rombongan Kapolres Persiapan Maybrat, Kompol. Bernadus Okoko bersama tim gabungan Polda dan Brimob dijembatan kurang lebih 200 meter dari pertigaan Jalan Aifat Timur, Senin (10/5/21) lalu.

Bupati menegaskan, penembakan tersebut merupakan kasus kriminal biasa. Untuk itu, warga masyarakat tidak perlu panik dimana kejadian ini diserahkan kepada Polda Papua Barat melakukan penyelidikan terkait kasus sebenarnya. Apakah kriminal atau kelompok yang berafiliasi ke Papua merdeka.

“Saya kira itu kriminal biasalah, maka warga tidak perlu panik tapi kita serahkan ke bapak Kapolda agar melakukan penyelidikan kasus sebenarnya. Apakah kriminal atau kelompok -kelompok yang berafiliasi ke arah Papua merdeka”, kata Bernard Sagrim saat ditemui Jurnalis di Maybrat, Rabu (19/5).

Ia juga tegaskan bahwa Kabupaten Maybrat tidak ada TPN-OPM, tapi yang ada hanyalah KNPB. Dan perlu diketahui bahwa, KNPB ini merupakan warga biasa yang tidak memiliki senjata. Sehingga tak ada kontak tembak di Maybrat, kalau memang ada tembakan ada kemungkinan kelompok-kelompok yang berafiliasi pada Papua merdeka.

“Saya sudah beberapa tahun kepala daerah disini, tidak ada penembakan oleh kelompok Papua merdeka. Untuk KNPB saya juga telah bicara secara langsung bahwa, kamu ada senjata tidak, mereka menjawab tidak. Kata mereka hanya berjuang gunakan otak untuk membangun nasionalisme orang Papua”, ulasnya Bupati Sagrim.

Sebelumnya rombongan Kapolres Persiapan Maybrat, tim gabungan Polda dan Brimob di tembak orang tak dikenal usai membagikan sembako. Aksi ini terjadi dijembatan kurang lebih 200 meter dipertigaan Jln. Aifat Timur, Senin (10/5/21) sekitar pukul 15.58 WIT.

Dalam insiden ini, tim rombongan Kapolres Persiapan Maybrat ditembak tiga kali. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa namun satu tembakan mengenai spion depan kanan mobil fortuner yang dikendarai oleh rombongan dari Polres Persiapan Maybrat, juga satu tembakan lagi mengenai bodi mobil. [Valdo]

Komentar