BPS Rakor Sensus Penduduk 2020 Lanjutan Se Papua Barat

SORONG,- Badan Pusat Statistik melakukan rapat koordinasi Long Form Sensus Penduduk 2020 lanjutan Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua Barat berlangsung di salah satu Hotel Kota Sorong, Papua Barat, Rabu pagi (18/5/22).

Sekretaris utama BPS Atqo Mardiyanto kepada sejumlah awak media mengatakan, BPS tahun ini ditugaskan oleh pemerintah, tak lain hanya untuk melakukan sensus penduduk lanjutan atau Long Form (LF).

___

“Intinya begini BPS tahun ini ditugaskan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan sensus penduduk lanjutan atau namanya Long Form (LF),” ungkapnya.

Atqo menjelaskan kegiatan daripada LF tersebut banyak, salah satunya adalah Rapat koordinasi SP2020. Dimana harapan besar mereka usai melakukan rapat koordinasi itu, yakni menyatukan pemahaman dari seluruh teman-teman untuk merencanakan kegiatan LF dari awal hingga akhir, sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal lagi.

“Ya pengen hasilnya lebih optimal lagi, jadi bisa menghasilkan data sosial kependudukan yang berkualitas,” bebernya.

Dikatakan Atqo, rapat koordinasi tersebut dilakukan agar bisa merencanakan strategi serta langkah langkah apa yang hendak digunakan pada saat di lapangan nanti. Dan akan menyesuaikan kabupaten dan kota se-Provinsi Papua Barat.

Sementara itu dalam melakukan sensus penduduk tentunya, terdapat banyak tantangan di lapangan yakni persoalan geografis yang sulit di jangkau, kemudian waktu untuk bertemu secara langsung dengan responden juga sangat sulit, apalagi waktu yang dibutuhkan sangat terbatas 1 bulan setengah.

“Sensus penduduk ini sekarang seluruh Indonesia hampir bersamaan, cuman waktunya ada yang kemarin sudah mulai dari tanggal 9, ada yang hampir jalan, dan ada yang tunggu tanggal 23 ini,” pungkasnya. (Fatrab)

___ __ ___ ___

Komentar