oleh

Bermodal 10 Juta, Lantamal XIV Sulap Lahan Tidur Menjadi Omset Puluhan Juta

SORONG, – Lantamal XIV Sorong menyulap lahan tidur seluas 2 hektar, yang sudah lama tidak terpakai menjadi lahan ekonomis dengan menyulapnya menjadi Sawah dengan komodoti Padi.

Bertempat di Jalan Terong Klalin Kabupaten Sorong, Papua Barat, Jumat (12/3/21) Panglima Koarmada III, Bupati Sorong, Danlantamal XIV, jajaran TNI AL melakukan panen Padi yang sudah terlihat menguning.

Dijumpai usai panen padi, Pangkoarmada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, mengatakan bahwa dalam masa pandemi Covid-19, Ia memerintahkan semua jajaran untuk melakukan program ketahanan pangan kepada semua satuan dibawah jajaran Armada III.

“Lantamal XIV bergerak cepat dengan kerjasama mengajak masyarakat di distrik Aimas untuk mewujudkan program ketahanan pangan dalam sektor ketahanan pangan. Prajurit kami bersama petani dan warga disini kemudian melakukan uji coba penanaman Padi seluas 2 hektar dan berhasil. Padinya kualitas bagus. Kami juga ingin membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat lokal dalam mengelola lahan tidur. Disebelah sawah ini saja masih ada sekitar 25 hektar lagi lahan tidur. Seharusnya bisa digunakan sebagai lahan yang menghasilkan, bisa jagung, ubi, pisang atau ikan air tawar,” terang Pangkoarmada.

Ia juga siap membantu pemerintah daerah dalam pengadaan bibit atau pupuk dari luar Papua dengan mengangkut menggunakan KRI milik Armada III.

Komentar