Bawaslu PBD Rekomendasi Buka C Plano 121 TPS di Kota Sorong

SORONG, PBD – Kesalahan input perolehan suara yang dilakukan Panitia Pemungutan Distrik (PPD) Sorong Barat hingga berujung belum disahkannya rekap perolehan suara KPU Kota Sorong tingkat DPR Provinsi sampai saat ini, akhirnya menemui titik terang.

Persoalan berlarut-larut dan menimbulkan perdebatan tanpa ujung ini membuat Bawaslu PBD keluarkan rekomendasi yang bersifat wajib dilaksanakan KPU.

“Sesuai laporan saksi parpol yang mengajukan keberatan bahwa 98 TPS di Distrik Sorong Barat terjadi kesalahan input, perlu diperbaiki dengan melihat kembali C Plano. Namun untuk menyandingkan data, kami juga menemukan kesalahan input di 2 distrik lainnya sehingga total ada 121 TPS perlu diperbaiki,” terang Komisioner Bawaslu Zatriawati.

2 Distrik lainnya yaitu di Distrik Malaimsimsa dan Sorong Kota.

Rekomendasi ini sempat ditolak oleh saksi parpol PDI-P, menurutnya keberatan saksi parpol (PAN dan HANURA) terhadap hasil perolehan suara hanya pada PPD Sorong Barat.

“Seharusnya keberatan saksi hanya pada perolehan suara di Sorong Barat, kenapa ada penambahan TPS di 2 distrik lainnya?” tanya saksi parpol berlambang kepala banteng ini.

Menjawab hal itu, Komisioner KPU Fatmawati mengatakan sesuai peraturan (PKPU) jika ada ditemukan kesalahan data maka pihak penyelenggara perlu melakukan perbaikan segera secara berjenjang dari tingkat bawah (KPPS).

Komisioner KPU lainnya yakni Sirajudin Gandhi mengungkapkan rekomendasi Bawaslu wajib dilaksanakan jika ini dapat menyelesaikan masalah.

“C Plano adalah mahkota dari pemilu dan jika ada indikasi kesalahan input, penambahan, pergeseran, penggelembungan suara kita harus kembali melihat C Plano, karena itulah roh dari pemilihan umum,” tandasnya.

Kendati masih ada sejumlah dinamika dalam rapat pleno lanjutan, namun KPU terap melaksanakan rekomendasi Bawaslu.

Hingga berita ini diturunkan KPU masih membacakan C1 Plano untuk perbaikan data dan posisi terakhir di TPS 25 Distrik Sorong Barat Kelurahan Rufei dan sementara skorsing dan akan dilanjutkan kembali untuk TPS sisa lainnya. (Ali)

___

Komentar