Aksi Damai Warga Kampung Huberita, Polisi Siagakan Ratusan Personil

MAYBRAT, PBD- Puluhan warga masyarakat dari Kampung Huberita, Distrik Ayamaru Timur Kabupaten Maybrat mendatangi kantor KPU untuk menyuarakan aspirasi, Selasa (5/3/24). Dalam aksi damai ini, ratusan personil gabungan Polres Maybrat dan Brimob Polda Papua Barat disiagakan.

Pantauan media ini, dalam aksi damai yang dilakukan oleh warga masyarakat Kampung Huberita ini. Mereka membawa beberapa pamflet yang berisikan terkait tuntutan atau aspirasi. Massa tiba di halaman kantor KPU sekitar pukul 12.40 WIT dan langsung menyampaikan orasi.

___

Kapolres Maybrat, Kompol Ruben Obed Kbarek, S.IK mengakui bahwa memang benar ada surat masuk nomor 001/MIK/KORLAP/III/2024 perihal permohonan izin keramaian aksi demo damai oleh warga masyarakat Kampung Huberita Kabupaten Maybrat pada Selasa 5 Maret 2024 di KPUD.

“Iya benar, ada aksi demo damai dari masyarakat di KPU Maybrat dan kami telah menyiagakan personil gabungan Polres Maybrat dan Brimob Polda Papua Barat untuk melakukan pengamanan terhadap aksi damai maupun rapat pleno tersebut”, ujar Ruben.

Diharapkan, penyampaian aspirasi dilakukan dengan aman dan damai sehingga tidak terganggu pelaksanaan pleno maupun menimbulkan gangguan kamtibmas yang mengarah pada tindakan anarkis/ceos. Sebab hal ini dapat merugikan diri sendiri maupun masyarakat lainnya.

Lanjutnya, personil juga diberikan AAP untuk pelaksanaan pengamanan pleno maupun aksi demo damai dengan mengedepankan sikap humanis. Tidak ada personil yang terpancing sehingga melakukan tindakan arogan kepada massa pendemo karena bagaimana pun itu warga masyarakat Maybrat.

Tampak massa aksi terus bertahan meskipun hujan deras mengguyur di kantor KPU Maybrat. Aksi berjalan dengan aman dan damai, ketua KPU didampingi Kapolres menerima massa dan mendengar langsung aspirasi. Sedangkan pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara tingkat Kabupaten Maybrat tetap berlangsung. (Valdo)

___ ___

Komentar