oleh

8 Tongkrongan Kekinian di Sorong, Cek Yuk !!

SORONG, – Papua tidak hanya terkenal dengan pusat kota Jayapura saja, namun kota Sorong juga tak kalah populer di kalangan para wisatawan mancanegara, domestic dan tempat nongkrong nya yang kekinian. Sorong mempunyai beragam tempat nongkrong yang menarik untuk dikunjungi. Potensi tempat nongkrong yang ada di Sorong tak kalah menariknya dengan yang ada di pusat kotanya.

Berbagai jenis tempat menarik bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi Kota Sorong seperti wisata sejarah, wisata alam, hingga tempat-tempat nongkrong yang kekinian. Tentunya beragam objek wisata yang ada sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Berikut daftar tempat nongkrong kekinian di Kota Sorong yang bisa Anda pilih.

1. KAFE SELAGI DINGIN

Salah satu kafe yang sangat ramai dikunjungi di kota Sorong, untuk vibesnya asik, tapi mungkin untuk yang tidak ingin terlalu ramai, mungkin bisa mencoba berkunjung di siang haru, dan  untuk harganya juga lumayan affordable, bahkan untuk tempat parkir motor sangat banyak.

Café outdoor yang menawarkan tempat yang sejuk dan menyajikan makanan dan minuman yang pas di lidah dan tenggorokan para penikmat nya. Cafe ini sangat cocok untuk anda yang suka konser atau live music. Tidak hanya untuk anak muda, tapi untuk semua kalangan cocok untuk nongkrong disini loh! Tidak di pungkiri, pemilik cafe ini ternyata  anak muda.

Café ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani No.85, Malabutor, Kecamatan Sorong Manoi, Kota Sorong satu lokasi dengan wong Solo atau dahulunya bekas hotel di Kota Sorong.

2. JANJI JIWA

Tempat nongkrong satu ini sangat cocok untuk anda yang suka minum kopi. Sudah ada 3 cabang di Sorong, yang pertama ada di jalan pendidikan km. 8 , yang ke dua ada di kampung baru, yang ke tiga berada di Aimas.

Tempatnya menyenangkan serta staffnya juga ramah dan professional. Ruangannya terdiri dari beberapa bagian sehingga memudahkan jika datang berkelompok. Dalam ruang yang sama terdapat restaurant yang menyediakan sandwich dan “makanan berat”, sehingga pas banget nih untuk yang ingin makan siang/malam sekaligus ngopi. Di bagian depan ada meja juga untuk yang ingin duduk outdoor.

3. CAFÉ LAIN HATI

Cafe yang satu ini juga sangat cocok untuk pecinta kopi, tapi bukan hanya ada kopi ada menu lainnya lagi seperti kentang goreng, roti bakar, nasi ayam dan ada minuman non coffe juga. Jadi yang tidak suka kopi juga bisa nongkrong disini.

Café ini berlokasi di, Jl. Basuki Rahmat, Malaingkedi, Sorong Manoi, Kota Sorong, Recommend buat kalian. Letakknya tepat di depan bandara membuat café ini cocok untuk penumpang transit yang kebetulan berada di kota Sorong. tempatnya lebih luas serta dilengkapi fasilitas toilet, perlengkapan catur, mainan anak. bahkan membayar pakai gopay dapat diskon 40%.

4. CAFÉ PICK CUP

Cafe pick up, sangat cocok untuk cewe cewe kekinian dengan beragam minuman yang enak dan manis manis. Cafe ini berada di kampung baru Jl. Dr. Sam Ratulangi No.92, Kp. Baru, Distrik Sorong, Kota Sorong, Tempatnya yang bagus, serta desain menarik. Persis seperti cafe janji jiwa, café ini memiliki menu andalan yaitu coffie aren keraton yang sangat membuat nagih

5. ALUN-ALUN KOTA BARU AIMAS

Ruang Terbuka Publik (Alun-Alun Aimas) yang baru saja diresmikan oleh Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat dan Bupati Sorong Johny Kamuru , sangat indah dipandang mata dengan Desain yang modern, Ruang Terbuka Publik yang Luas ini juga dilengkapi dengan fasilitas Track Lari, Lapangan Basket, Lapangan Volly, serta wahan Bermain Anak. Menjadi Spot terbaik untuk menghabiskan waktu, berolahraga bersama keluarga.

Selain menjadi tempat wisata, alun-alun ini juga bisa menjadi tempat yang bagus untuk nongkrong bersama temane-teman ataupun healing bersama pasangan, suasana yang selalu ramai membuat tempat ini sangat cocok bagi semua kalangan, di tambah tempat ini juga dekat dengan berbagai stan makanan dan minuman serta hiburan membuat alun-alun kota baru aimas sangat di gemari sebagai tempat nongrong

Alun-alun ini  berlokasi di Sorong – Aimas, Malawili, Kec. Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

6. MANGROVE JEFLIO

Pantai Jeflio salah satu objek wisata di kabupaten Sorong yang terletak di Kampung Wisata Jeflio Distrik Mayamuk. Selain pemandangan pantainya yang indah dan teduh para pengunjung/wisatawan juga dapat melihat berbagai jenis Burung Mangrove yang terdapat di Hutan Mangrove dalam kawasan Kampung Wisata Jeflio.

Pantai Jeflio pula sering dijadikan anak muda yang mencintai kedamaian dan tidak menyukai kebisingan untuk nongkrong serta bermain gitar, belakangan  ini jarang ada yang berkunjung di tempat ini dikarenakan banyak objek yang telat rusak dan tidak terawatt.

Objek wisata ini dapat dicapai dengan menggunakan baik transportasi darat maupun laut dengan waktu tempuh kurang lebih 60 menit dari ibukota Kabupaten Sorong.

7. TANJUNG BATU

Pantai Tanjung Batu Sorong merupakan salah satu pantai yang menjadi wisata unggulan di pulau Papua. Pantai ini pun juga terletak di kota Sorong, kota yang seringkali disebut sebagai salah satu kota paling maju di daerah Papua Barat meskipun hawa panas matahari yang terik dan jumlah penduduk yang sangat padat.

Meskipun di tengah suasana yang sangat panas ini, terdapat sebuah pantai yang begitu indah dan mampu menyejukkan mata siapapun yang melihatnya. Keindahan laut ini membuat pantai yang terkenal akan warna lautnya yang segar ini begitu memikat para wisatawan.

Tidak hanya untuk para wisatawan, tanjung batu pun bisa di gunakan untuk nonkrong bersama maupun reuni bersama, Ketika siang hari di mana matahari masih sangat terik, Anda dapat duduk bersantai di bawah pohon untuk menghindari panas tersebut. Selain sejuk, angin yang datang berhembus tentu akan membuat Anda merasa tenang dan rileks sehingga mampu melupakan segala kepenatan yang Anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

8. MISOOL FILLING STATION

Tempat yang bagus untuk bersantai dan mengisi kembali makanan yang enak serta tips yang sangat berguna untuk Sorong atau Raja Ampat. Saya sering melewati tempat bernama Misool Filling Station yang terletak di seberang bandara kota di Sorong ini.

Seorang turis dalam ulasannya menulis “awalnya saya mengira ini hanya toko oleh-oleh, pusat informasi orang asing, atau tempat singgah turis sebelum melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat atau sebelum terbang kembali ke Jakarta. Juga, pada awalnya, saya pikir pengunjung Misool Filling Station hanya terbatas pada tamu dari Misool Eco Resorts, sebuah resor yang terletak di terpencil Raja Ampat, tepat di sebelah selatan khatulistiwa, tersembunyi di Setelah mendaftar ke pemandu lokal Google dan membaca beberapa review tentang tempat-tempat di lingkungan saya (yang tidak terlalu baru), saya baru-baru ini mengetahui bahwa Misool Filling Station juga merupakan kafe yang terbuka untuk umum dan (untungnya) kafe ini tidak populer. di kalangan anak muda di Sorong, menjadikan tempat ini seperti permata tersembunyi bagi saya. Sejalan dengan yayasan induknya, kafe ini mempromosikan bisnis ramah lingkungan karena mereka tidak menggunakan sedotan plastik dalam minuman yang mereka sajikan, juga mereka akan menawarkan kwitansi Anda dikirim melalui email sehingga menjadi tanpa kertas (mereka juga melayani vegan -makanan ramah!). Kafe ini merupakan persinggahan WiFi dan minuman dingin yang kami butuhkan di kota Sorong yang panas dan berdebu, apalagi setelah kembali dari pulau-pulau indah antah berantah tanpa sinyal.”

Terakhir, mereka menjual peralatan snorkeling semi kering berkualitas baik yang sulit ditemukan di sekitar kawasan ini.

Buat Kalian yang perlu tempat menghabiskan waktu baik sendiri atau rame-rame bareng keluarga, teman dan sahabat bisa nih memilih salah satu dari delapan lokasi tersebut diatas.

Penulis : Mahasiswa KPI V IAIN Sorong (Nanang Juliantojo dan Safira Putri)

 

Komentar