6 Jurnalis Papua Melaju di Anugerah Jurnalistik Pertamina, 2 Orang Peringkat Nasional

JAKARTA, – Ribuan Jurnalis tepatnya 2.423 jurnalis seluruh Indonesia bersaing dalam kompetisi Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) Tahun 2022 yang mengusung tema Energizing Your Feature.

Setelah melalui proses pendaftaran, seleksi dan penjurian, diperoleh 3 orang pemenang dari 6 kategori lomba, yaitu Kategori Media Cetak, Media Online, Kategori TV, Kategori Radio, Kategori Foto Essay dan Kategori CSR/UMKM Pertamina.

Diikuti 10 Zona terdiri dari Sumatera bagian Utara, Sumatera Bagian Tengah, Sumatera Bagian Selatan, Jawa Bagian Barat, Jawa Bagian Tengah, Jawa Bagian Timur, Kalimantan, Sulawesi, Balinus dan Papua-Maluku.

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero), Brahmantya Satya dalam sambutannya pada malam Anugerah Jurnalistik Pertamina di Graha Pertamina, Jakarta, Jumat malam (16/12/22) mengatakan bahwa tahun ini peserta dan karya jurnalistik yang mengikuti lomba meningkat dari tahun sebelumnya. Dimana terdata ada 2.423 jurnalis yang mengikuti lomba dengan 2.365 karya jurnalistik yang dilombakan.

“Sejalan dengan kondisi pandemi COVID-19 yang semakin membaik dan sudah dapat dikendalikan, maka pelaksanakaan AJP tahun ini kita lakukan dengan hybrid yaitu offline dan online. Dimana ada 170 pemenang dari setiap ragion dan 18 orang pemenang nasional, serta penghargaan 60 jurnalis potensial dan satu best of the best,” ujar Brahmantya.

Pantauan sorongnews.com, khusus untuk Papua Maluku tercatat ada 109 karya jurnalistik yang mengikuti lomba, dimana 75 karya lolos dan masuk dalam penjurian dewan juri yang dinilai secara ketat, objektif dan independen.

Adapun enam orang asal region Papua Maluku yang berhasil menjadi juara pertama dari enam kategori lomba dan diundang secara khusus untuk hadir pada malam penganugerahan AJP 2022 adalah Olha Irianti Mulalinda dari sorongnews.com dari kategori lomba karya jurnalistik publikasi CSR, Norma Fauzia Muhammad dari Radar Sorong kategori Media Cetak, Tantowi Jauhari dari Portaljepe.id kategori Media Online, Muhammad Syahrir Muslimin dari Inews TV untuk kategori Media Televisi, Ardi dari LPP RRI Merauke untuk kategori lomba Media Radio dan Erianto dari Cendrawasih Pos untuk kategori Lomba Foto Essay.

Dimana dari enam juara pertama tingkat region, dua orang diantaranya berhasil menjadi pemenang nasional yaitu Tantowi Jauhari berada posisi ketiga untuk media online dan Ardi untuk juara pertama nasional kategori media Radio. Sedangkan pemenang Best of the best diraih jurnalis DAAI TV, Muhammad Febrinanda Primadana dengan karya berjudul Perempuan Pelestari Anyaman Purun.

Nanda sapaan akrab Muhammad Febrinanda dalam keterangannya, mengungkapkan terkejut dapat menjadi Best of the best pada AJP 2022. Ia mengaku bahwa ada kesulitan saat membuat karya jurnalistik Perempuan Pelestari Anyaman Purun yang merupakan dukungan CSR Pertamina dalam mendukung upaya perekonomian Perempuan di Sumatera Utara.

“Saya ditemani kameraman Saya yang juga luar biasa, harus beberapa kali mengambil gambar dalam berita ini dan tidak menyangka sama sekali jika berita ini bisa menjadi best of the best pada AJP tahun ini,” ujar Nanda.

Malam anugerah jurnalistik Pertamina dimeriahkan dengan Pembawa Acara Melani Ricardo dan Ridho Rizki, Pengisi Acara Nella Karisma dan grup Band Gigi. (Oke)

____

Komentar