USAID Kolaborasi Ajak Jurnalis di Papua Barat Daya Kawal Otsus

SORONG, PBD – Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) berkolaborasi melaksanakan kegiatan sehari dengan melibatkan para jurnalis di Provinsi Papua Barat Daya untuk bersama mengawal otsus.

Kegiatan yang bertemakan “Kitorang Kawal Otsus” dengan Subtema “Media Sebagai Pengawas Pembangunan Daerah dan Optimalisasi Otonomi Khusus (Otsus) di Tanah Papua, dilaksanakan disalah satu hotel Kota Sorong, Kamis (23/11/23).

Terlibat beberapa pemateri turut hadir dalam giat tersebut guna memberikan materi serta langkah-langkah tepat dalam menjalankan tugas sebagai Jurnalistik terutama menyangkut otsus.

Menurut keterangan Salah satu panitia Beatrix Ibo, kegiatan penting seperti ini patut dilakukan sebab menambah pengetahuan jurnalistik, baik dalam penulisan karya tulis sampai dengan upaya informasi yang mungkin sulit diperoleh dari narasumber.

“Jadi kegiatan seperti ini tidak saja dilakukan di Papua Barat Daya sebab PBD merupakan tempat ketiga setelah Jayapura dan Manokwari, intinya seluruh Papua kami datangi guna melakukan kegiatan terkait pengawalan Otsus,” Ungkap Beatrix Ibo.

Bebernya, tujuan kami agar supaya teman-teman media terutama jurnalis Papua mampu mengawal otsus melalui informasi yang digali terkhusus dari kalangan bawah yakni masyarakat asli Papua.

Sementara itu, Trisna salah satu wartawan media lokal di Kota Sorong, memberikan apresiasi kepada tim USAID berserta panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan kitorang kawal Otsus karena dirasa sangat baik dan bermanfaat.

“Tentunya saya merasa senang karena diundang sebagai peserta dalam kegiatan Kitorang Kawal Otsus, kami lebih banyak mendapatkan pengetahuan terlebih teknik-teknik dalam mewawancarai narasumber,” terangnya.

Sehingga Ia berharap, kegiatan ini terus dapat dilakukan setiap tahunnya dengan melibatkan seluruh jurnalis yang ada di Provinsi Papua Barat Daya terlebih jurnalis OAP.

Sejumlah nara sumber kompeten pun dihadirkan dalam kegiatan tersebut. (Mewa)

___ __ ___

Komentar