oleh

Usai Lantik Pimpinan OPD, Bupati Maybrat Ingatkan Hal Penting Ini

MAYBRAT, – Bupati Maybrat, Bernard Sagrim melantik resmi 16 pejabat pimpinan tinggi pratama eselon II B yang ada di lingkungan Pemkab Maybrat, Papua Barat. Pelantikan di awali dengan pembacaan sumpah janji jabatan dan penandatanganan berita acara di Aula Setda Maybrat, Kamis (8/4).

Pengangkatan dan pelantikan puluhan para pejabat pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini berdasarkan surat keputusan nomor: 821:2/01/BUB-MBT/IV/2021 tentang pelantikan sesuai hasil seleksi terbuka JPT pratama. Selain pejabat tinggi pratama, Bupati juga melantik dan kukuhkan puluhan pejabat administrator eselon III B dan pengawas eselon III dan IV.

Sagrim menjelaskan, puluhan pejabat yang dilantik betul-betul sudah memenuhi syarat sesuai hasil lelang jabatan. Dan, jabatan yang diberikan pula sudah melalui berbagai pertimbangan yang baik dan matang termasuk pertimbangan sisi kearifan lokal di Maybrat. Bagi yang belum memenuhi syarat akan dibuka lagi peluang pendaftaran bulan ini mengikuti seleksi untuk isi beberapa jabatan yang akan di lelang.

“Yang ikuti lelang jabatan belum memenuhi syarat, peluang akan dibuka lagi mengikuti seleksi beberapa jabatan. Jadi nanti kita tunjuk dulu mengisi kekosongan dengan nota dinas sambil mereka ikut lelang pada bulan ini”, jelas Sagrim.

Dia berharap para pejabat tetap beraktivitas di Maybrat dan melaksanakan tugas dengan baik demi menunjang tugas-tugas pemerintahan. Termasuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Setelah dilantik, hari Senin aktivitas harus berjalan seperti biasa dan saling berkoordinasi tugas diantara pejabat.

Lanjutnya, pertimbangan kearifan lokal telah menjadi dominan di Maybrat. Maka kedepan perlu ada sebuah regulasi ditetapkan secara baku yang sifatnya lokal untuk mengatur soal penempatan orang dalam struktur jabatan. Hal ini demi menjaga keseimbangan orang Maybrat.

“Jabatan bukan untuk kita, tapi kepercayaan dan tanggungjawab yang diberikan. Untuk itu dilaksanakan dengan baik, lakukan yang nyata dan kongkret di setiap SKPD untuk menunjang tugas-tugas pemerintahan serta pembangunan di Maybrat”, pungkasnya.

Adapun 16 pejabat Pemkab Maybrat yang dilantik yakni, Yunus Boltal, staf ahli bidang politik, hukum dan pemerintahan, Yohana Anike Iek, asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, Engelbertus Turot, asisten II bidang perekonomian, Menase Kareth, asisten III bidang administrasi umum.

Kemudian, Kornelius Kambu, kepala dinas pendidikan, Hendrik Susim, kepala dinas lingkungan hidup, Yakobus Baru, kepala dinas perindustrian koperasi dan UMKM, Arius Jitmau, kepala dinas perdagangan tenaga kerja dan transmigrasi, Yohanis Sentuf, kepala dinas pariwisata dan kebudayaan.

Kemudian Selviana Sangkek, kepala dinas penanaman modal dan PTSP, Yustus Waimbewer, kepala dinas pertanahan, Marthen Howay, kepala dinas pertanian dan perkebunan, Agustinus Nauw, kepala dinas komunikasi dan informatika, Nikodemus Way, kepala badan penelitian dan pengembangan, Hosea Solossa, kepala BPBD dan Manfred Mate, kepala dinas perasandian dan statistik. [Valdo]

Komentar