TPA Sorong-Makbon Miliki Sanitary Landfiil, Sayangnya Belum Beroperasi

 

Sorong,- Tempat Pembungaan Akhir (TPA) Sorong-Makbon Memiliki Sanitary Landfiil yang dibangun Oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hanya saja belum dapat terealisasikan. Hal ini diungkap Kepala Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Julian Kelly Kambu kepada sorongnews.com di kantor DPRD Kota Sorong, Papua Barat, Senin (9/8/21).

Ia menjelaskan bahwa sebuah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) diatur dalam peraturan perundang-undangan, kemudian setiap TPA harus menggunakan sanitary landfill dalam pengolahannya agar lebih efektif dan efisien.

“Kota Sorong mempunyai sanitary landfill yang terbaik untuk wilayah tanah Papua hanya saja belum terealisasikan,” ungkapnya.

Ia berharap pada tahun 2022 bahwasanya sanitary landfill dapat dioperasikan di TPA Makbon dapat terealisasikan sebagaimana mestinya.

Dijelaskan, sistem Sanitary Landfiil merupakan sebuah sistem pengolahan dan pemusnahan sampah dengan cara membuang serta menumpuk kemudian memadatkan lalu menimbunnya dalam tanah.

Dengan begitu TPA Sorong-Makbon dapat menggunakan sistem Sanitary Landfiil agar dapat mengurangi bau pada TPA Sorong-Makbon.

Selanjutnya Julian mengungkapkan bahwa bank sampah yang ada di Kota Sorong merupakan bank sampah terbaik se-papua Barat. (541)

____

Komentar