oleh

THR Kota Sorong Tidak Melihat Hilal, Penetapan 1 Syawal Tunggu Keputusan Menag

SORONG, – Tim Hisab Rukyat (THR) Kota Sorong melakukan kegiatan rukyatul hilal 1 syawal 1442 H di hotel Kyriad Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (11/5/21) sore.

Ketua tim hisab rukyat, Kisman Rahayaan dalam sambutannya mengatakan bahwa Tim THR sudah melakukan kordinasi dan telah menentukan bahwa pelaksanaan rukyatul hilal dilakukan hari ini guna menjawab keraguan masyarakat akan waktu penetapan 1 syawal 1442 H apakah Besok (Rabu 12/5) atau Kamis (13/5).

Dimana Kota Sorong sendiri sebagai salah satu titik pengamatan hilal dari 22 tempat pengamatan seluruh Indonesia, menyatakan belum melihat hilal.
“Hasil ini akan kami laporkan ke pemerintah pusat dan nantinya akan mengikuti arahan menteri agama usai sidang Isbat di Jakarta. Apakah 1 Syawal 1442 Hijriah besok (12/5) atau Kamis (13/5). Kita akan mengikuti ketetapan dari Menteri Agama nanti sekitar jam 9 malam, termasuk teraweh apakah lanjut atau tidak teraweh hari ini,” urai Kisman.
Sementara itu, Kepala stasiun Geofisika BMKG Sorong, Rully dari hasil pengamatan hilal dapat disimpulkan bahwa tinggi hilal minus 5 derajat 23 menit 1 detik, umur bulan minus 9 jam 46 menit 20 detikdenganĀ iluminasi bulan 0,24 %.
“Sehingga dapat disimpulkan Hilal tidak dapat dilihat dan penetapan 1 syawal menunggu penetapan dari Kementerian Agama,” tutup Rully. (Oke)

Komentar