Terkendala Formulir B, Partai Nasdem Kecewa Belum Bisa Mendaftar di KPU Papua Barat Daya

SORONG, PBD – Pengurus Partai Nasdem Papua Barat Daya harus kecewa setelah persiapan matang 100 persen dokumen administrasi pencalonan anggota legislatif Papua Barat Daya mengalami kendala dari sistem aplikasi SILON dan SIPOL KPU RI. Hal ini diungkap Ketua badan pemenangan Pemilu (Bapilu) Nasdem Papua Barat Daya, Samsudin Seknun dan pengurus DPW Papua Barat Daya lainnya saat mendatangi sekretariat KPU PBD di Kota Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (11//5/23).

“Hari ini sesuai dengan perintah Ketua Umum Nasdem, Bapak Surya Paloh bahwa hari ini serempak Nasdem mendaftar di KPU seluruh Indonesia, maka kami datang untuk mendaftarkan diri. Kami datang dengan kekuatan penuh, 30 Bacaleg dan 100 persen administrasi baik di SIPOL dan SILON, namun terkendala satu hal saja yaitu Formulir B pengajuan yang diunduh dari aplikasi tersebut. Kendalanya bukan di Kami tapi dari pusat, aplikasi KPU RI,” ujar Samsudin usai mengeluarkan kekecewaannya kepada komisioner KPU PBD dan Bawaslu PBD.

Meski telah mendapatkan penjelasan dari Komisioner KPU PBD bahwa kendala serupa terjadi di Daerah Otonom Baru (DOB), Ia berharap harus ada kepastian mengenai kapan waktu bisa dibukanya dokumen B pengajuan tersebut. Apalagi batas waktu pendaftaran tinggal beberapa hari lagi hingga tanggal 14 Mei mendatang.

“Jadi untuk menjaga kekhawatiran, tadi Kami sampaikan SK serta dokumen penginputan kami ke Komisionel KPU bahwa kami Partai Nasdem 100 persen telah menginput data partai dan 30 bacaleg di aplikasi SIPOL dan SILON. Hal ini untuk berjaga-jaga agar tidak didiskualifikasi sebagai peserta Pemilu khusus pada pencalonan DPRD Provinsi Papua Barat Daya,” ujar Samsudin.

Sementara itu, Plt Komisioner KPU Papua Barat Daya, Fatmawati membenarkan bahwa sejak pembukaan pendaftaran 1 Mei hingga hari kesebelas kendala partai politik yang hendak mendaftarkan diri adalah terkait dokumen B pengajuan dari aplikasi. Pihaknya telah berkomunikasi kepada KPU RI dan sedang dicarikan solusi yang terbaik.

“Kami berharap dalam sisa beberapa hari ini, aplikasi sudah dapat dibuka oleh Partai Politik dan partai politik lainnya, Kami harap untuk segera mengupload data-data yang masih kurang. Hal ini kami pantau baru beberapa partai politik yang 100 persen mengupload dokumen,” terang Fatmawati.

Terkait batas waktu yang tinggal beberapa hari, Fatmawati menambahkan, jika sampai hari penutupan belum adanya dokumen B pengajuan, maka KPU PBD dan KPU RI akan mencari solusi yang terbaik. (oke)

____

Komentar