oleh

Siap-Siap, Sekolah di Kota Sorong Bakal Dibuka Kembali !!

SORONG, – Wali Kota Sorong, Lambertus Jitmau memimpin rapat dengan seluruh kepala sekolah PAUD, TK, SD dan SMP di aula Samu Siret Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (17/2/21).

Rapat tersebut terkait wacana dibukanya kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah, sesuai masukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim yang beberapa waktu lalu melakukan kunjungan kerjanya di Kota Sorong, mengatakan mendukung dibukanya kembali PTM.

“Siapa yang setuju sekolah kembali dibuka?,” tanya Wali Kota disambut teriakan riuh Setuju oleh seluruh kepala sekolah.

Wali Kota menyatakan bahwa bukan saja orang tua dan murid yang rindu untuk kembali dibukanya PTM tetapi juga dewan guru dan kepala sekolah.

“Saya setuju Belajar Tatap muka kembali dibuka. Untuk mekanisme kembali ke pihak sekolah yang mengatur. Harus sesuai aturan sekolah tapi tidak mengorbankan protokol kesehatan. Proses belajar diatur baik sesuai protokol kesehatan. Kelas jangan terlalu full, semua diatur baik supaya tidak menimbulkan masalah baru,” tandas Wali Kota.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sorong, Petrus Korisano mengatakan bahwa untuk waktu pelaksanaan PTM akan menunggu SK dari Wali Kota mengenai tanggal pemberlakuannya, karena masih dibuat oleh bagian hukum Setda Kota Sorong.

Ia menambahkan bahwa sesuai surat edaran mendikbud bahwa PTM dikembalikan kepada orang tua siswa.

“Jika ada orang tua yang tidak bersedia anaknya belajar di Sekolah. Tidak boleh dipaksakan. Harus dihargai. Pihak sekolah berikan keleluasaan kepada orang tua. Saat ini kami akan rapat teknis untuk persiapan. Sekolah juga harus siap-siap. Jika SK sudah siap, sekolah juga sudah siap dengan protokol kesehatan di sekolah,” terang Petrus.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, Hermanus Kalasuat mengatakan bahwa angka penularan Covid 19 di Kota Sorong masih tinggi dan angka kesembuhan juga diatas 80 persen.

“Kami menghormati kebijakan bersama. Dari segi kesehatan, Kami berupaya untuk mengawal protokol kesehatan diterapkan dengan tepat di Sekolah,”kata Herman.

Rapat tersebut juga dihadiri Forkopimda, Satgas Covid 19 Kota Sorong, wakil ketua 2 DPRD dan Ketua Komisi 1 DPRD Kota Sorong. (Oke)

Komentar