Serahkan SK DCS, KPU Provinsi PBD Butuh Pendapat Masyarakat

SORONG, PBD- SK penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPR dan balon DPD RI telah diserahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat Daya, di Kantor Sekretariat, Sabtu sore (19/8/23).

Surat Keputusan DCS untuk  bakal calon DPRD Provinsi PBD dari 18 partai politik dan 12 balon DPD RI, periode 2024-2029, diserahkan langsung oleh Ketua KPU Papua Barat Daya Andarias Daniel Kambu.

Dirinya saat ditemui media, menjelaskan bahwa usai menyerahkan dokumen berupa SK penetapan, KPU membutuhkan pendapat dan saran dari masyarakat untuk bacaleg dalam daftar calon sementara.

“Berdasarkan prosedur di tanggal 19-23 Agustus 2023 DCS akan kami umumkan dan selanjutnya ditanggal 23-28 Agustus masyarakat diberikan peran untuk memberikan masukan dan saran terkait dengan para bacaleg,” ungkap Ketua KPU Papua Barat Daya Andarias Daniel Kambu.

Katanya, paduan dan tanggapan masyarakat terkait DCS bisa dikirimkan melalui website info pemilu KPU yaitu https://infopemilu.kpu.go.id.

“Publik juga bisa mengirimkan melalui email : silondpd@kpu.go.id dan datang langsung ke Kantor KPU Provinsi Papua Barat Daya, Remu Utara, Distrik Sorong, Kota Sorong,” bebernya.

Ditempat sama, Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya, Farli Sampe Toding Rego mengatakan, setelah proses DCS pihak mereka akan menunggu pengaduan masyarakat apabila ada masalah terkait pemilu.

“Sesuai pasal 466 terkait kepemiluan maka kami bawaslu siap menerima pengaduan terkait sengketa pemilu setelah penetapan DCS,” tegasnya.

Farli bilang, semua pengawasan sudah dilaksanakan sekarang waktunya masyarakat berperan beri tanggapan yang ruangnya telah kami buka sampai batas waktu yang telah ditentukan.

“Apabila peserta pemilu ada yang merasa dirugikan silahkan saja melapor karena sekali lagi kami Bawaslu siap menerima pengaduan dari peserta,” tandasnya.

Maka, dirinya berharap masyarakat dapat berpartisipasi melalui pendapat dan saran, tetapi juga manfaatkan ruang tanggapan yang sudah disiapkan sehingga bisa mendapatkan figur-figur terbaik untuk bertarung di 2024 mendatang.

Pantauan sorongnews.com terlihat pimpinan dan atau perwakilan partai politik terlihat menerima SK DCS dari KPU PBD dengan tertib dan aman.(Mewa)

____

Komentar