Senangnya 110 Anak Ini Usai Dikhitan Dinkes TNI AL Lantamal XIV Sorong

SORONG, – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong bekerja sama dengan Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Sorong mengadakan Bhakti Sosial Khitanan Massal di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Lantamal XIV, Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (30/9/21).

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Laksma TNI Imam Musani, menyampaikan bahwa khitan masal dalam rangka menyongsong hari kesehatan TNI Angkatan Laut yang nanti akan jatuh pada tanggal 09 Oktober 2021 yang diikuti sebanyak 110 peserta khitan yang terdiri dari warga KKSS, Pondok Pesantren Emeyodere, SD Al Jihad dan Masyarakat Maritim.

___

Lebih lanjutnya kegiatan Khitanan Massal juga menugaskan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal XIV, Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. Oetojo dan Denkesyah Korem 181/PVT sebagai pelaksana khitan masal serta pemberian bingkisan bagi peserta.

“Kami bersyukur sekali, antusias warga sangat tinggi mengikuti khitanan massal ini. Meski ditengah pandemic Covid-19, kegiatan khitan massal ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” Ujar Danlantamal XIV Sorong.

Sejumlah anak peserta khitanan massal terlihat cemas sebelum khitan, namun wajah bahagia terpancar usai dikhitan. Apalagi usai khitan mereka pulang membawa bingkisan yang disiapkan Lantamal XIV.

Raihan, siswa SD kelas III salah satu sekolah dasar merasa senang karena Sudah dikhitan oleh petugas kesehatan Lantamal XIV. Meski awalnya Ia merasa takut dan sempat menangis Karena menahan sakit, Ia senang sudah bisa menjalani salah satu kewajiban umat muslim.

Sedangkan orang tua Raihan, Umi mengaku senang dan bahagia atas inisiatif Lantamal XIV yang melakukan khitanan massal ini. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini, sangat membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi untuk melakukan khitan secara mandiri.

“Biaya khitan ini kan tidak murah, apalagi pandemi Covid-19 saat ini semua serba sulit. Terima kasih TNI AL, Lantamal XIV sudah bikin kegiatan ini,” ujar Umi.

Sementara itu, Ketua KKSS Kota Sorong, Syamsudin Johan memberikan apresiasi kepada Lantamal XIV yang tidak Hanya fokus pada menjaga kedaulatan negara namun juga dalam hal kesehatan. Khitanan massal ini menurut Johan sangat tepat dilakukan, usai anak-anak sekolah menjalankan ulangan tengah semester.

“Terima kasih kepada Danlantamal XIV dan semua jajaran Lantamal XIV yang care terhadap kesehatan anak-anak. Kami bersyukur sekali, karena hal ini sangat membantu masyarakat apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini,” ujar Johan. (Oke)

___ ___

Komentar