Semarakkan Ramadhan, Masjid Al-Hidayah Sorong Berani ‘Tampil Beda’, Ada Payung hingga Lampu Hias

SORONG, PBD – Dalam rangka menyemarakkan momentum bulan suci Ramadhan 1445 H, seluruh umat Muslim tentunya berkeinginan bersama memperoleh keberkahan yang dikemas dalam suasana sukacita dan kegembiraan.

Hal ini pun begitu terasa begitu spesial melalui keindahan yang disajikan dengan terpasangnya lampu-lampu hias, bola dan puluhan payung yang tergantung di sepanjang halaman Masjid Al-Hidayah Km 12, Kelurahan Giwu, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat Daya.

___

Tak hanya itu, seluruh halaman Masjid nampaknya di cat guna memperindah dan mempercantik kawasan Masjid itu.

Pasalnya, kreativitas yang disajikan pengurus Masjid dalam menata halaman Masjidnya tentu membuat suasana malam hari sangat begitu indah dan menarik untuk dipandang.

Terlihat berbagai hiasan lampu dan dipenuhi dengan pernak-pernik menarik lainnya membuat jamaah lebih bersemangat dan antusias dalam menjalankan berbagai rangkaian ibadah agar lebih khusyu selama bulan suci Ramadhan ditahun ini.

Apalagi saat dimalam hari, halaman Masjid dijadikan sebagai tempat mengabadikan momen-momen berkesan saat bulan suci Ramadhan.

Ketua BKM Masjid Al-Hidayah Kota Sorong, Fatwa Hidayanto mengatakan, konsep menghias Masjid Al-Hidayah bukan kali pertama yang dilakukan pihaknya, namun disebutkannya merupakan kali kedua dalam hal menghias Masjid dibulan suci Ramadhan.

“Untuk hiasan ini kita mulai dari tahun kemarin, kebetulan saya diamanahkan menyambung menjadi Ketua BKM 3 bulan sebelum idul fitri. Jadi kegiatan semarak Ramadhan yang memang diprogramkan BKM Al-Hidayah ini, Alhamdulillah dari tahun kemarin hingga tahun ini, tahun sekarang berjalan sama, bahkan ditahun ini ada sedikit peningkatan juga terkait program-program Amaliyah Ramadhan,” ujar Ketua BKM Masjid Al-Hidayah Kota Sorong, Fatwa Hidayanto didampingi Ketua Panitia Amaliyah Ramadhan Masjid Al-Hidayah Kota Sorong, Taufik Ismail saat ditemui Sorongnews.com, Rabu malam (13/3/24).

Dibeberkannya bahwa, dalam mengusung konsep seperti ini pihaknya telah menyiapkan persiapan matang selama 1,5 bulan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan 1445 H.

“Persiapan kita kemarin itu 1,5 bulan sebelum masuk bulan puasa, anggaran dari jamaah, dari beberapa sponsor yang kami masukkan proposal itu, kalau dikumpulkan sudah mencapai 30 jutaan,” bebernya.

Dipaparkan Fatwa, konsep yang diusung dalam semarak Ramadhan di Masjid itu merupakan hasil kolaborasi komplit yang disajikan berbagai pihak.

“Dari pengurus, jamaah hingga remaja masjid. Semuanya kita kolaborasikan dan Alhamdulillah berjalan seperti apa yang kita inginkan bersama,” paparnya.

Diakuinya, dengan adanya dekorasi yang unik dan menarik ini dapat meningkatkan jamaah dalam menjalankan berbagai rangkaian ibadah didalamnya.

“Kami sebagai umat Muslim ingin jamaah khususnya anak-anak hingga remaja yang selama ini jarang melaksanakan ibadah di Masjid, begitu dengan adanya dekorasi dan hiasan seperti ini, memang tujuan kami untuk menarik jamaah sekalian terutama anak-anak dan remaja untuk bisa kita sama-sama beribadah di Masjid Al-Hidayah. Alhamdulillah sampai hari ketiga ini, membludak, yang kita siapkan jamaah yang bisa menampung di dalam masjid sekitar 500-600 jamaah ternyata kami membuat shaf diluar juga untuk menampung lonjakan jamaah itu sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Amaliyah Ramadhan Masjid Al-Hidayah Kota Sorong, Taufik Ismail menambahkan, selain dari sisi dekorasi yang disajikan melalui kolaborasi berbagai pihak. Diungkapkanya bahwa, Masjid Al-Hidayah pun mengadakan berbagai kegiatan islami selama bulan suci Ramadhan ditahun ini.

“Selain dekorasi seperti ini, kami buat kegiatan Islami, kegiatan Gebyar Ramadhan, Festival Anak Sholeh dan Sholehah, ada berbagai lomba yang diadakan dan dilombakan didalamnya,” ungkap Ketua Panitia Amaliyah Ramadhan Masjid Al-Hidayah Kota Sorong, Taufik Ismail.

Lebih lanjut, dirinya pun merincikan berbagai lomba dalam pelaksanaan Gebyar Ramadhan Festival Anak Sholeh dan Sholehah di Masjid Al-Hidayah itu.

“Ada berbagai lomba yang dilombakan, ada lomba mewarnai (kategori TK), Adzan (kategori SD), Tahfiz (kategori SD), Sholat berjamaah (kategori SD), Tahfiz (kategori SMP), Tartil (kategori SMP), Cerita Nabi (kategori SMP), serta Ceramah tausiyah/pildacil (kategori SMP). Ada pula kategori umum yakni Fotografi,” rincinya.

Diakuinya untuk dapat mengikuti perlombaan, disampaikannya dapat mendaftarkan diri langsung di Masjid Al-Hidayah atau dapat mengakses instagram resmi Masjid Al-Hidayah.

“Untuk mendaftar, dapat mendaftarkan diri langsung di Masjid Al-Hidayah atau bisa diakses instagram kami, dengan akun soqmasjidalhidayah,” tutupnya. (Jharu)

___ ___

Komentar