Semarakkan Ramadhan, Begini ‘Wajah Baru’ Masjid Al-Hidayah Kota Sorong

SORONG, PBD – Dalam rangka menyemarakkan momentum Ramadhan 1444 H tahun ini, seluruh umat Muslim tentunya berkeinginan bersama memperoleh keberkahan dikemas dalam suasana sukacita dan kegembiraan.

Hal ini pun begitu terasa begitu spesial melalui ‘Wajah Baru’ dengan terpasangnya lampu-lampu hias dan puluhan payung yang tergantung di sepanjang halaman Masjid Al-Hidayah Km 12, Kota Sorong, Papua Barat Daya.

___ ___ ___ ___

Pasalnya, kreativitas yang disajikan pengurus masjid dalam menata halaman masjidnya tentu membuat suasana malam hari sangat begitu indah dan menarik untuk dipandang.

Terlihat berbagai hiasan lampu dan dipenuhi dengan pernak-pernik menarik lainnya membuat jamaah lebih bersemangat dalam melaksanakan berbagai rangkaian ibadah agar lebih khusyu selama bulan suci Ramadhan ditahun ini.

Apalagi saat dimalam hari, halaman Masjid dijadikan sebagai tempat mengabadikan momen-momen berkesan saat bulan suci Ramadhan.

Kepada Sorongnews.com, Ketua Panitia Amaliah Ramadhan Masjid Al-Hidayah Kota Sorong, Taufik Ismail mengatakan bahwa dalam menyemarakkan Ramadhan 1444 H, Masjid Al-Hidayah menghadirkan konsep pencahayaan di lingkungan masjid, guna menarik masyarakat terlebih umat Muslim agar berkesempatan mengunjungi dalam rangka melaksanakan rangkaian ibadah.

“Ramadhan 1444 H ini, kami menghadirkan konsep pencahayaan di lingkungan masjid, agar menarik perhatian masyarakat untuk mengunjungi. Namun lewat momen Ramadhan ini juga, kami mengajak masyarakat untuk meramaikan masjid sebagai bentuk ibadah terutama di bulan Ramadhan ini,” terang Ketua Panitia Amaliah Ramadhan Masjid Al-Hidayah Kota Sorong, Taufik Ismail saat ditemui Sorongnews.com usai melaksanakan shalat tarawih dimalam ke-2 Ramadhan, Kamis malam (23/2/23).

Lebih lanjut, disebutkannya bahwa, seluruh pengurus masjid ini telah menyusun konsep sebulan lalu sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, serta melakukan kerja bakti seminggu sebelum masuknya bulan penuh keberkahan ini.

“Budaya masyarakat di lingkungan masjid ini, kami adakan kerja bakti seminggu sebelum Ramadhan, dan kami susun konsep seperti ini sebulan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan,” lugasnya.

Kemudian, disampaikannya bahwa, konsep pencahayaan dengan dipasangnya lampu hias dan puluhan payung yang tergantung di sepanjang halaman merupakan kali pertama yang dilakukan pengurus masjid.

“Ini konsep baru pertama kalinya yang dilaksanakan panitia Amaliah Ramadhan. Alhamdulillah semua jamaah mendukung” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, dirinya memaparkan bahwa dengan hadirnya suasana baru di Masjid Al-Hidayah ini, bertujuan membahagiakan setiap orang yang mengunjungi masjid ini.

“Dengan hadirnya konsep ini, bertujuan membahagiakan setiap orang yang mengunjungi,” paparnya.

Ditambahkannya bahwa, dalam mengisi bulan Ramadhan 1444 H, panitia Amaliah Ramadhan mengambil peran dalam memberikan program-program yang dapat menunjang ibadah dan amal sholeh pada bulan ini, sehingga dalam menjalankan berbagai program tidak lepas dari dukungan dan bantuan dari berbagai pihak.

“Ada banyak program yang kami laksanakan, diantaranya kami akan laksanakan buka puasa bersama, kultum tarawih menjelang berbuka dan subuh, tadarus Al-Qur’an, festival anak sholeh, kajian Nuzul Qur’an, iktikaf 10 malam terakhir Ramadhan diisi dengan shalat Qiyamul Lail dan sahur bersama, program ZISWAF berupa zakat fitrah, zakat maal, shadaqah, fidyah, ataupun Wakaf, dan puncaknya pelaksanaan shalat idul fitri di lingkungan masjid sesuai dengan jadwal Kementerian Agama,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, ‘Wajah Baru’ yang pertama kali dihadirkan dalam suasana Ramadhan di Masjid Al-Hidayah ini atas dedikasi pengurus masjid diantaranya Ketua BKM, Fatwa Hidayanto, Ketua Yayasan Al-Hidayah, Budi Rahardjo, Wakil Pelaksana, Wawan Cristianto, serta jamaah lainnya. (Jharu)

___ __

Komentar