Sapi Kurban Seharga 70 Juta Disembelih Warga Tugu Merah, Beratnya Tembus 700 Kg

KABUPATEN SORONG, PBD – Sapi kurban seharga Rp 70 Juta disembelih warga Jalan Tuturuga, Tugu Merah, Kabupaten Sorong, Kamis (20/6/24).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, sapi kurban seharga Rp 70 Juta itu digadang-gadang memiliki total berat menembus 700 Kg.

Pantauan Sorongnews.com, saat prosesi penyembelihan, sapi itu membutuhkan tenaga puluhan orang untuk menumbangkan sapi sebelum disembelih.

Terlihat kaki sapi diikat kuat menggunakan tali tambang di pohon hingga pondasi rumah, tak hanya itu, bagian kepala sapi diikat di batang pohon.

Orang Tua Pemilik Sapi, Manut Pratikno mengatakan bahwa, sapi yang disembelih itu merupakan sapi yang dipelihara oleh pihak keluarga.

“Ini sapi umurnya sudah 4 tahun, jadi sudah bisa disembelih, kalau terlalu lama nanti sapinya terlalu tua, ini memang kita rawat sendiri sapinya. Rawatnya juga dibelakang rumah bersama sapi-sapi lainnya,” kata Orang Tua Pemilik Sapi, Manut Pratikno usai menyaksikan sapi tersebut telah disembelih.

Lebih lanjut, diakuinya bahwa, sapi yang disembelih itu gabungan 7 nama yang merupakan anggota keluarga.

“Sapi inikan untuk 7 nama pengkurban, jadi ada nama saya sendiri, besan saya, orang tua mama mantu, ditambah lagi anak-anak kandung saya,” paparnya.

Dibeberkannya bahwa, pada tahun lalu, sapi yang dikurban ini ada yang menawarkan dengan harga Rp 35 Juta, namun tidak dijual sebab harganya tidak pas dengan harga yang telah dipatok.

“Tahun lalu sapi ini mau dijual tetapi belum ada yang berani (beli), tahun lalu ada yang menawarkan 35 Juta, maunya 50 Juta bersih, tapi tahun ini harganya sudah capai 70 Juta, jadi tahun ini diputuskan untuk disembelih sama keluarga,” bebernya.

Dijelaskannya, sapi kurban ini merupakan sapi jenis limosin, dengan berat mencapai 700 Kg lebih.

“Sapi ini jenis limosin, kalau dagingnya mencapai 300 Kg lebih, belum lagi tulangnya, bisa mencapai 700 Kg lebih,” jelasnya.

Diketahui, pihak keluarga yang berkurban akan membagikan ratusan paket daging kurban kepada warga sekitar. (Jharu)

____

Komentar