Dinas P2KP Papua Barat Daya Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Syar’i

SORONG, PBD – Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (P2KP) Provinsi Papua Barat Daya, bekerjasama dengan dinas Pertanian Kabupaten dan Kota Sorong memastikan hewan kurban yang disalurkan ke calon pengkurban sehat dan sesuai syariat Islam (Syar’i).

Dokter hewan pada dinas P2KP PBD, Firdiana Krisnaningsih kepada sorongnews.com belum lama ini mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan langsung calon hewan kurban disejumlah peternak di wilayah Kota dan Kabupaten Sorong.

“Calon hewan kurban yang kami cek ada sekitar 1.300 jenis Sapi dan Kambing, dengan melakukan pengecekan fisik meliputi pengecekan mata, kulit, tanduk, mulut, gigi, kuku hingga buah zakar. Dimana pengecekan fisik ini menentukan apakah calon hewan kurban layak menjadi hewan kurban sesuai syariat Islam yaitu berjenis jantan, tidak cacat dan dalam keadaan sehat,” ujar Firdiana.

Setelah dinyatakan sehat, calon hewan kurban dapat langsung disebar ke calon pengkurban.

Selain pengecekan fisik, menurut Firdiana juga akan dilakukan pengecekan pasca pemotongan kurban apakah daging hewan sehat atau tidak untuk dikonsumsi.

“Sejauh ini di Provinsi Papua Barat Daya masih bebas dari Penyakit Hewan Menular Strategis antara lain Rabies, Anthrax, Penyakit Mulut & Kuku, serta Brucellosisz jadi aman untuk dikonsumsi,” tutup Ferdiana. (Oke)

____

Komentar