oleh

Sambut HUT ke-77, Pomal Lantamal XI Gelar Aksi Donor Darah

MERAUKE, – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) pada 20 Februari 2023 mendatang, Pomal Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI Merauke menggelar aksi donor darah, Selasa (24/1/23).

Danpomal Lantamal Xl Merauke, Letkol Laut (PM) Rahmad Gunawan kepada sorongnews.com mengatakan, donor darah berlangsung secara serentak seluruh Indonesia di 77 titik TNI AL dan berpusat di Puspomal.

“Tujuan kegiatan donor darah ini untuk membantu masyarakat dan PMI diwilayah masing-masing dalam penanganan stok darah. Kita ketahui bersama untuk kebutuhan darah di Merauke sangat kurang,” tuturnya disela-sela kegiatan yang berlangsung di Kantor Pomal Lantamal XI Merauke, Papua Selatan.

Letkol Laut (PM) Rahmad Gunawan mengakui, donor darah sudah menjadi agenda rutin setiap HUT Pomal khususnya jajaran Lantamal XI Merauke. Aksi donor darah kali ini diikuti kurang lebih sebanyak 100 personel baik militer maupun instansi samping.

Terdiri dari Lantamal XI, Yonmarhanlan XI, Denpom Angkatan Darat, POM Angkatan Udara, Propam Polres Merauke, Kodim 1707/Merauke, Brimob, Bea Cukai, Basarnas, Polairud, Dinas Kelautan dan Perikanan Merauke serta jajaran Pemda Merauke.

Aksi donor darah disiarkan secara langsung dalam video konferensi bersama Puspomal yang dipimpin langsung oleh Danpuspomal.

Danpomal Lantamal Xl Merauke mengakui, kiprah Pomal sesuai semboyan yaitu sebagai penegak hukum yang arif dan bijaksana terus berupaya mengoptimalkan anggotanya lebih disiplin dan menjaga tata tertib keamanan wilayah.

Dengan jumlah personel Pomal sebanyak 32 orang bersinergi dengan instansi lain dalam mewujudkan Merauke sebagai Ibu Kota Provinsi Papua Selatan lebih aman, damai dan tentram serta masyarakat bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Selain donor darah, sambung Letkol Laut (PM) Rahmad Gunawan, ada agenda pekan disiplin dalam waktu dekat dilaksanakan melalui operasi penegakan disiplin di kota Merauke. Melibatkan seluruh unsur polisi militer TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Merauke, Bea Cukai dan dinas terkait.

“Harapannya di HUT ke-77, Pomal sebagai pengayom masyarakat bisa lebih bersinergi dengan satuan-satuan lain seperti POMAD, POMAU, PROPAM Polri guna menertibkan masyarakat dan prajurit diwilayah Merauke,” tandasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Merauke, Dominikus Ulukyanan memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pomal Lantamal XI yang menyelenggarakan aksi donor darah.

“Kebutuhan darah kita semakin meningkat sejak terbentuk Provinsi Papua Selatan. Sekarang ini kita butuhkan minimal 600 kantong. Dengan adanya sumbangan darah ini sangat membantu kami. Ini gerakan kemanusiaan luarbiasa dari Pomal,” ungkapnya.

Dominikus Ulukyanan mengakui, PMI Kabupaten Merauke tidak memiliki alat penyimpanan darah dalam jumlah yang besar.

“Sekarang kita kerjasama dengan TNI-Polri. Kami sangat bersyukur adanya donor darah hari ini diikuti 100 orang lebih, karena kebetulan kita punya stok darah habis,” ujarnya.

Menurut Dominikus Ulukyanan, animo pendonor darah di Merauke sangat luarbiasa. Hanya saja kebutuhan darah juga cukup banyak.

“Kami apresiasi dan salut melihat keikhlasan orang untuk membantu orang lain. Apresiasi tinggi untuk TNI-Polri yang bertugas di Merauke,” tandasnya. (Hidayatillah)

Komentar