oleh

Saman Bugis Pimpin Ikatan Pemuda Mahasiswa Pelajar Kei (IPMPK) Sorong Raya

SORONG, – Muhammad Saman Bugis dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketua umum Ikatan Pemuda Mahasiswa Pelajar Kei (IPMPK) Sorong Raya periode 2019 – 2024.

Pengukuhan Ketua Umum IPMPK Sorong Raya dilakukan oleh ketua adat Kei di gedung J.A.Jumame Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (7/4/21).

Dalam sambutannya, Saman mengatakan esensi pelantikan adalah upaya dalam menggali ide falsafah anak muda dalam menjaga adat orang Kei dalam berdinamika di wilayah Sorong Raya.

Ia mengatakan bahwa paradigma anak muda Kei yang selalu menyambut sesuatu hal dengan tarian perang diubah menjadi tarian Sawat. Dalam artian bahwa dalam setiap menyelesaikan masalah tidak lagi menggunakan cara kekerasan, tapi dengan cara yang baik dan bermartabat.

“Lebih baik mengedepankan hati dalam persaudaraan. Sebagai generasi muda yang terima tongkat estafet ini dapat bertanggung jawab. Dapat menjaga nilai leluhur. Dalam menjalankan aktifitas ditengah masyarakat terpatri nilai leluhur hukum adat orang Kei indah bagai seorang putri. Mari dukung pihak keamanan guna menjaga kamtibmas di wilayah Sorong,” imbau Saman.

Pelantikan dan pengukuhan IPMPK Kota Sorong ini turut dihadiri dan disaksikan, Ketua Umum Ikatan Keluarga Kei (IKK) anggota DPD RI asal Papua Barat, Sanusi Rahaningmas, Wali Kota Sorong, Lambertus Jitmau, Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan, Danpasmar 3, Ketua KPUD Kota, Ketua Bawaslu Kota, KNPI Kota Sorong, OKP Cipayung dan sejumlah pejabat lainnya. (Imah/oke)

Komentar