oleh

Relaksasi BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Bagi Peserta Non Aktif

SORONG, – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan kemudahan dan keringanan kepada peserta BPJS yang telah lama non aktif akibat menunggak iuran.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ivan Ravian melalui kepala bidang penagihan dan keuangan BPJS Kesehatan Sorong, Ficky Trianto menjelaskan bahwa ada program relaksasi untuk Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) yang menunggak iuran lebih dari 6 bulan.

“Contohnya jika peserta punya tagihan 18 bulan dia cuma cukup bayar 6 bulan ditambah 1 bulan berjalan hingga Desember 2020. Nanti sisa tagihannya bisa dicicil hingga Desember 2021. Selama ini kan iuran BPJS wajib dibayar, tapi di era pandemi ini di berikan keringanan. Peserta yang kartu BPJSnya non aktif karena menunggak iuran lebih dari enam bulan. Untuk dapat diaktifkan kembali status kepesertaannya, peserta harus membayar iuran minimal enam bulan dan satu bulan berjalan lewat program relaksasi tersebut. Melalui program relaksasi ini diharapkan bisa memberikan keringanan kepada badan usaha maupun masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19, ” ujar Ficky.

Ditambahkan oleh Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ambar Permana bahwa untuk memudahkan peserta mengaktifkan kembali kepesertaannya, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Pegadaian untuk program pinjaman senilai maksimal Rp.1juta.

“Jadi peserta bisa menggadaikan barangnya ke Pegadaian untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Dengan maksimal pinjaman 1 juta rupiah,” ujar Ambar.

Ia berharap dengan kemudahan dan keringanan yang diberikan BPJS Kesehatan kepada peserta BPJS dapat mengambil peluang tersebut dan tidak melewatkan kesempatan relaksasi hingga akhir Desember tahun ini.

Ficky menambahkan, untuk bisa mengikuti relaksasi peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Peserta bisa mendaftar di kantor cabang BPJS kesehatan, aplikasi mobile JKN, juga bisa melalui call Centre 1500 400 atau bisa melalui pelayanan administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) di nomor 081247751731. (Oke)

Komentar