Ratusan Warga Muhammadiyah dan Sebagian Umat Muslim Gelar Shalat Idul Adha 1444 H di Unamin Sorong

SORONG, PBD – Ratusan warga Muhammadiyah dan sebagian umat Muslim menggelar shalat Idul Adha 1444 H, bertempat di lapangan utama Universitas Muhammadiyah (Unamin) Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (28/6/23).

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 H digelar berdasarkan hasil wujudul hilal dan maklumat yang ditetapkan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

___

Terlihat, sekitar pukul 06.45 WIT, warga yang ingin melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 H mulai memadati halaman Unamin Sorong, dengan berjalan kaki hingga menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Pantauan Sorongnews.com, terlihat aparat kepolisian melaksanakan penjagaan disekitaran lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha, terlihat juga beberapa aparat mengatur arus lalu lintas dan mengarahkan kendaraan menuju tempat parkir yang disiapkan.

Tak hanya itu, lokasi disekitar tempat pelaksanaan shalat terpantau ramai dan lancar.

Sekitar pukul 07.15 WIT, pelaksanaan Shalat Idul Adha pun digelar, bertindak sebagai Khatatib yakni Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Dadang Kahmad dan bertindak sebagai Iman yakni Ustadz Syukur.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Dadang Kahmad mengatakan bahwa pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 H tahun ini dinilainya sangatlah luar biasa, sebab disampaikannya bahwa, pelaksanaan shalat Idul Adha ini bertepatan dengan pelaksanan Hari Raya Idul Adha di Arab Saudi.

“Pelaksanaan Shalat Idul Adha ini sangat luar biasa, banyak yang melaksanakannya, karena kami bersyukur kepada Allah sebab bertepatan dengan pelaksanan hari Idul Adha di Arab Saudi,” kata Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Dadang Kahmad saat ditemui Sorongnews.com, usai pelaksanaan shalat.

Disampaikannya bahwa, momentum hari Idul Adha tahun ini harus dijadikan sebagai upaya menjaga persatuan dan kesatuan, apalagi saat ini dinilainya merupakan tahun-tahun politik.

“Kita harus beragama dengan baik, harus kokoh, dan harus menjaga persatuan dan kesatuan, karena menjelang tahun politik ini luar biasa, terjadi perbedaan-perbedaan kepentingan politik, akan tetapi tetap jangan kita menjadikan warga negara sampai bercerai berai,” terangnya.

Sebagai Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dirinya menghimbau kepada warga Muhammadiyah dan elemen Umat Muslim lainnya agar terus berbuat baik kepada sesama, dengan melakukan pengorbanan kepada mereka.

“Teruslah berbuat baik kepada sesama, melakukan pertolongan-pertolongan bagi orang yang kekurangan, dengan mengorbankan harta, jiwa, tenaga hingga pikiran kita,” tuturnya.

Dirinya menginginkan pada momentum Hari Idul Adha kali ini, seluruh elemen bangsa terus berjuang demi kemajuan bersama, demi melahirkan kebahagiaan ditengah-tengah masyarakat.

“Harus siap terus berjuang untuk kemajuan bangsa dan negara, walaupun dengan susah dirasakan, perjuangan itu susah dilakukan, namun akan lahir dengan kebahagiaan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, tercatat sedikitnya sebanyak 34 ekor sapi akan disembelih di beberapa titik yang merupakan amal usaha milik Muhammadiyah di kawasan Ibukota Provinsi Papua Barat Daya.

Diketahui, penyembelihan akan digelar sehari setelah pelaksanaan shalat. Dimulai dilakukan pada tanggal 29 Juni sampai tanggal 1 Juli 2023, mendatang.

Sebelumnya telah diberitakan Sorongnews.com, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Papua Barat Daya (PBD) bakal menggelar pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 H di sepuluh titik di wilayah Provinsi Papua Barat Daya.

Diketahui, 10 titik pelaksanaan Shalat Idul Adha itu meliputi 2 Kabupaten dan 1 Kota, diantaranya yakni Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan dan Kota Sorong.

Di Kota Sorong sendiri, pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 H dipusatkan di lapangan utama Unamin Sorong. (Jharu)

___ ___

Komentar