oleh

Prosesi Adat Sambut Kedatangan Bupati-Wakil Bupati Raja Ampat

WAISAI, – Bupati dan Wakil Bupati beserta Ketua PKK Kabupaten Raja Ampat, baru saja dilantik oleh Gubernur dan Ketua PKK Provinsi Papua Barat, di Manokwari, Jumat (26/2/21).

Usai dilantik, Bupati, Abdul Faris Umlati (AFU) bersama Wakil Bupati, Orideko I Burdam (Ori) yang tiba di Waisai menggunakan kapal cepat Express Bahari 7E disambut ribuan massa masyarakat Raja Ampat yang telah menunggu di pelabuhan Waisai, Raja Ampat, Sabtu (27/2/21).

Setibanya di dermaga, Afu-Ori disambut dengan prosesi adat Mansorandak oleh tetua adat Raja Ampat yang bermakna ungkapan selamat datang dimana kali ini diberikan kepada Bupati dan Wakil Bupati Raja Ampat. Kedua putra terbaik Raja Ampat ini menginjak piring anyaman yang diletakan diatas senat.

Usai disambut dengan prosesi adat, mereka disambut pula oleh warga dengan penyajian suling tambur yang berasal dari sejumlah kampung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Masyarakat Raja Ampat pun terlihat ramai disepanjang sisi jalan sekitar pelabuhan Waisai dengan melambaikan tangan saat konvoi Bupati dan Wakil Bupati melewati ruas jalan Waisai.

Kapolres Raja Ampat, AKBP. Andre Julius William Manuputty didampingi Dandim 1805 kabupaten Raja Ampat, Stive Joan Klots mengatakan pihaknya tetap menjaga keamanan dan ketertiban euforia masyarakat terhadap pelantikan Afu-Ori.

“Kami telah memberikan arahan sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19 mengenai prosesi penyambutan bagi masyarakat Raja Ampat yang ingin menyambut dan melihat kedatangan FARIS-ORI di kota Waisai,” ujar Kapolres.

Setelah prosesi penyambutan, pasangan FARIS-ORI direncanakan akan mengikuti acara syukuran pelantikan yang dilaksanakan di Gedung Pari Convention Center Waisai. (Nns)

Komentar