oleh

PON XX/2021 di Papua Harus Jadi Kebangkitan Indonesia Dari COVID 19

MERAUKE, – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua yang akan berlangsung 2-15 Oktober 2021 harus menjadi kebangkitan bangsa Indonesia dari COVID 19. Berbagai sektor terutama ekonomi mengalami dampak serius akibat pandemi Coronavirus Desease yang melanda dunia.

Demikian disampaikan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (purn) Marciano Norman kepada wartawan di Sirkuit Fregeeb Waninggap Sai Gautak, Distrik Tanah Miring, Merauke, Papua, Kamis (3/6/21). Dikatakan olehnya bahwa penyelenggaraan PON akan meningkatkan ekonomi masyarakat dimasa pandemi COVID 19 karena setiap pengunjung yang datang tentu akan belanja di Merauke.

“Olahraga harus menjadi industri sehingga pelaku olahraga didalamnya akan hidup. PON kebangkitan untuk tuan rumah dan atlit,” tegasnya.

Letjen TNI (purn) Marciano mengakui, suksesnya PON tidak bisa hanya dilakukan oleh PB PON sendiri, namun mulai dari kementrian pemuda olahraga bersama KONI pusat untuk menggaungkan event nasional tersebut.

“Saya juga minta KONI di 33 provinsi yang akan datang kesini untuk menggaungkan kesiapan kontingen di daerah masing-masing,” pinta Ketum KONI Pusat.

Dia mengingatkan kepada pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten klaster penyelenggara PON XX/2021 untuk mewaspadai sebaran COVID 19.

Menurutnya, PON tidak akan diselenggarakan apabila situasi penanggulangan coronavirus desease di suatu daerah tidak baik. Oleh karenanya, semua harus bersatu menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID 19 secara ketat.

“Tidak mungkin event olahraga dilaksanakan disuatu daerah yang status COVID 19 zona merah. Kita harus zona orange sampai hijau yang ideal. Media juga harus membantu kita mensosialisasikan,” lugas ketum.

Letjen TNI (purn) Marciano berharap, masyarakat harus menjadi tuan rumah yang baik. Menyambut kedatangan tim atlit, official dan tamu yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Danrem bersama Dandim dan kepolisian agar bisa menjaga situasi keamanan Merauke yang bagus. Bahkan, sesuai arahan Presiden RI, seluruh peserta PON harus sudah di vaksinasi COVID 19 termasuk masyarakat di sekeliling venue.

“Mari bersama kita menangani COVID 19. Jangan orang datang bawa penyakit. Jangan juga mereka datang kesini kena penyakit,” demikian tandas Ketum. (Hida)

Komentar