Plh Bupati Sorong Lempar Bola ke Dinas PMPTSP Soal Perizinan Perusahaan Kelapa Sawit, Ini Jawabnya

KABUPATEN SORONG, PBD – Beredar informasi Pemerintah Kabupaten Sorong telah membuka kembali izin operasi perusahaan kelapa sawit yang sempat ditutup oleh Bupati Sorong periode 2017-2022, Johny Kamuru.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, telah terjadi persetujuan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (ijin lokasi) untuk kegiatan berusaha perusahaan kelapa sawit nomor 11012310319201011 yang ditandatangani secara elektronik oleh Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Sorong, Salmon Samori mengatasnamakan Bupati Sorong pada tanggal 11 Januari 2023.

Pasalnya, sebelumnya sudah ada komitmen mantan Bupati Sorong Johny Kamuru untuk tidak membuka perizinan baru, namun perusahaan yang telah ada dioptimalkan dan dibina agar tata kelolanya sesuai aturan yang berlaku.

Plh Bupati Sorong, Cliff A Japsenang saat ditemui Sorongnews.com di Kota Sorong, Senin (15 /1/24), melempar bola ke Dinas PMPTSP untuk menjawab terkait perizinan operasi perusahaan kelapa sawit itu.

“Nanti Kadis PTSP yang klarifikasi,” jawab Plh Bupati Sorong, Cliff A Japsenang, Senin (15 /1/24).

Mendengar jawaban itu, wartawan Sorongnews.com mendatangi Kantor Dinas PMPTSP Kabupaten Sorong untuk menemui Kadis tersebut.

Saat didatangi, beberapa staf mengatakan bahwa Kadis PMPTSP sedang berada di luar daerah.

“Pak Kadis lagi keluar kota, saya cek sekertarisnya dulu ya,” ucap salah satu staf di Kantor itu.

Saat dicek di ruang kerja Sekertaris PMPTSP, pintu ruang kerjanya dalam kondisi terkunci, padahal sebelumnya diketahui Sekertaris itu telah masuk kantor.

“Pintu terkunci, padahal tadi pagi ibu (Sekertaris) masuk, berarti baru saja keluar,” ucapnya.

Mengetahui Sekertaris PMPTSP sedang keluar, salah satu staf akhirnya menelepon untuk memberitahu bahwa wartawan media ini ingin bertemu demi keperluan konfirmasi.

Usai menelepon, staf tersebut menyampaikan bahwa Sekertaris PMPTSP tidak bisa memberikan keterangan dan mengarahkan pada Kadis PMPTSP untuk dapat memberikan keterangan.

“Ibu (Sekertaris) bilang, nanti pimpinan (Kadis) yang diwawancarai,” terangnya.

Akhirnya, wartawan Sorongnews.com meminta kontak Kadis disalah satu staf guna konfirmasi lebih lanjut secara daring.

Saat dihubungi Sorongnews.com, Kadis PMPTSP Kabupaten Sorong, Salmon Samori menyampaikan bahwa akan memberikan keterangan usai balik dari luar daerah.

“Saya masih di luar kota ada kegiatan nanti saya balik baru koordinasi,” kata Kadis PMPTSP Kabupaten Sorong, Salmon Samori saat dikonfirmasi Sorongnews.com, Senin (15/1/24).

Lebih lanjut, saat ditanyakan terkait kepastian waktu balik dari luar daerah, Kadis itu menyebutkan dirinya belum mengetahuinya.

“Belum tau masih ada beberapa urusan. Iya nanti saya balik baru kasih info,” sebutnya.

Hingga berita ini diterbitkan, wartawan Sorongnews.com menunggu konfirmasi lebih lanjut perihal perizinan operasi perusahaan kelapa sawit tersebut. (Jharu)

___

Komentar