oleh

Pj Gubernur Apolo Safanpo Lantik Maddaremmeng Jadi Pj Sekda Papua Selatan

MERAUKE, – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Selatan (PPS), Apolo Safanpo melantik Maddaremmeng sebagai Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Selatan. Pantauan Sorongnews.com, pelantikan Pj Sekda Papua Selatan berlangsung hikmat di Kantor Gubernur Papua Selatan Jalan Trikora Merauke, Kamis (1/12/2022).

Dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Merauke secara offline dan dari pegawai Kemendagri secara virtual. Maddaremmeng merupakan Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo dalam sambutannya menuturkan, untuk membentuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus memiliki Peraturan Gubernur (Pergub) tentang kelembagaan. Pergub Papua Selatan tentang kelembagaan meliputi nomenklatur atau tata nama dan jumlah OPD yang akan dimiliki oleh Provinsi Papua Selatan.

“Untuk itu, setiap lembar peraturan perundang-undangan tersebut harus diparaf oleh Sekda lalu dapat ditandatangani oleh kepala daerah,” ungkap Pj Gubernur Papua Selatan.

Setelah itu, sambung Apolo Safanpo, pergub akan diundangkan oleh sekda. Selanjutnya diundangkan. Barulah berdasarkan peraturan tersebut, dapat dilakukan seleksi pengusulan, pengangkatan dan penepatan pejabat OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Selatan.

“Patut kita bersyukur, hari ini dilantik Pj Sekda. Kita harapkan seluruh proses administrasi maupun lain dapat kita laksanakan sesegera mungkin,” lugas Pj Gubernur.

“Dengan demikian, kita dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat Provinsi Papua Selatan secara optimal,” tandasnya. (Hidayatillah)

Komentar