oleh

Petronela Kambuaya Pimpin Golkar Kota Sorong

 

SORONG, – Petronela Kambuaya dipilih secara aklamasi memimpin Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Sorong periode 2020 – 2025 dan menjadi perempuan pertama yang memimpin partai beringin. Pemilihan Petronela dilaksanakan di sekretariatan DPD Partai Golkar Kota Sorong, Papua Barat, Senin (21/6/21).

Ketua panitia pengarah Musda Golkar, Juni Triatmoko menjelaskan bahwa ada 6 bakal calon (balon) ketua DPD Partai Golkar yang mengambil formulir, namun formulir yang dikembalikan ada 4 balon ketua DPD.

Sesuai AD ART kemudian panitia melakukan verifikasi administrasi dan faktual. Selain seleksi administrasi dan faktual, ada ketentuan dukungan minimal 30% dari komisariat distrik dan sayap partai.

“Jika tidak memperoleh dukungan 30% maka secara otomatis gugur. Sehingga melalui verifikasi administrasi dan faktual serta syarat 30 persen hanya diperoleh oleh Ibu Petronela Kambuaya yaitu didukung 9 Komdis dan 2 sayap,” ujar Juni.

Selanjutnya usai ditetapkan selepas sidang, Wasekjen DPP Partai Golkar, Amin Ngabalin menyerahkan bendera pataka partai kepada Petronela Kambuaya.

Dalam sambutannya, Petronela mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan dan kepercayaan seluruh komdis dan sayap partai kepada dirinya.

Beban dan tanggung jawab itu menurutnya tidak bisa Ia tanggung sendiri, namun harus pula didukung oleh pengurus yang solid. Sehingga langkah pertama yang akan diambil olehnya bersama tim formatur untuk membentuk kepengurusan DPD Golkar Kota Sorong diikuti kepengurusan hingga distrik dan kelurahan.

“Pertama akan melakukan pembenahan internal, konsolidasi partai dari tingkat distrik sampai kelurahan. Memilih orang-orang yang solid, berkualitas dan berbaur, karena mereka ini yang menentukan arah kemenangan politik partai,” ujarnya.

Ia pun siap melanjutkan tongkat estafet dari ketua DPD Partai Golkar Kota Sorong sebelumnya dan siap membesarkan partai Golkar termasuk mensukseskan pesta demokrasi 2024 mendatang.

Ia juga akan lebih memperhatikan keseimbangan kepengurusan antara pengurus Pria dan Wanita.

“Perlu diingat bahwa Pemilu 2019, Kami dari Golkar di DPRD ada 5 perempuan. Sa sampai merinding ini. Saya akan lebih promosi perempuan karena pendekatan mereka dengan masyarakat dengan siapa saja. Buat laki-laki tetap tenang, semuanya akan diakomodir sesuai dengan kapasitasnya masing-masing,” sebut Petronela.

Mengakhiri sambutannya, Ia berharap kebersamaan dan satu hati pengurus dalam membesarkan partai berwarna kuning tersebut.

“Saya seorang perempuan tidak mau bicara dibelakang-belakang. Kalau mau menyampaikan saran dan kritikan langsung didepan mata daripada bicara diluar. Kita harus menyamakan persepsi karena kepribadian kita bawa dan nama partai melekat untuk sosialisasi ke masyarakat,” harap Petronela.

Pelaksanaan Musda Golkar Kota Sorong ini tetap mengikuti protokol kesehatan. Semua panitia dan peserta wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (Oke)

Komentar