Pesparawi Tingkat Provinsi PB-PBD Resmi Ditutup, Bersatu dalam Iman dan Kasih Persaudaraan Melalui Lagu Rohani yang Indah

KABUPATEN SORONG, PBD – Pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIV tingkat Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya resmi ditutup langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere bertempat di Aimas Hotel and Convention Centre, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (27/6/24).

Berdasarkan pantauan wartawan Sorongnews.com, pelaksanaan penutupan acara bergengsi itu ditandai dengan pemukulan tifa oleh Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere diikuti Pj Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad, Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, Kapolda Papua Barat hingga sejumlah Kepala Daerah se-Provinsi Papua Barat maupun Papua Barat Daya.

Selain ditandai dengan pemukulan tifa, acara penutupan itu dilaksanakan pula dengan sesi foto bersama sembari memegang maskot Pesparawi XIV tingkat Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang diwakili Dirjen Binmas Kristen Kemenag RI, Jeane Marie Tulung menuturkan, semangat pelaksanaan Pesparawi XIV haruslah memperkuat iman, mempererat persaudaraan dan membangun tanah Papua.

Lebih lanjut, dinilainya, pelaksanaan Pesparawi ini sebagai wadah umat dalam mempersaksikan kemuliaan Tuhan.

“Semangat Pesparawi ke XIV haruslah memperkuat iman, mempererat persaudaraan dan membangun tanah Papua. Kami sangat mendukung kegiatan ini sebagai wadah umat dalam mempersaksikan kemuliaan Tuhan,” kata Dirjen Binmas Kristen Kemenag RI, Jeane Marie Tulung.

Dipaparkannya melalui lantunan lagu-lagu rohani yang indah dan penuh makna, seluruh peserta diingatkan kembali akan kasih sayang Tuhan dan diajak untuk hidup sesuai dengan ajaran agama.

“Melalui lantunan lagu-lagu rohanian indah dan penuh makna, para peserta diingatkan kembali akan kasih sayang Tuhan dan diajak untuk hidup sesuai dengan ajarannya,” ucapnya.

Dirinya menandaskan, melalui pelaksanaan Pesparawi ini, menjadi momen istimewa dalam mempererat persaudaraan antar umat Kristiani di tanah Papua.

“Pesparawi ini menjadi momen istimewa dalam mempererat persaudaraan antar umat Kristiani di tanah Papua. Para peserta dari berbagai daerah di tanah Papua bertemu dan berlomba, namun diatas segalanya, semua kita bersatu dalam iman dan kasih persaudaraan,” tandasnya.

Sementara itu, PJ Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Papua Barat merasa bangga dan terhormat berada ditengah-tengah para peserta yang luar biasa itu.

“Tentunya kami merasa bangga dan terhormat ditengah-tengah para peserta yang luar biasa semua ini, tidak hanya suaranya yang merdu, tetapi pesan-pesan spiritual, pesan-pesan rohani, pesan-pesan kebangsaan, pesan-pesan kebersamaan itu menjadi nilai-nilai dasar yang kita dapatkan dan telah disampaikan melalui nyanyian-nyanyian yang begitu indah,” terang PJ Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere.

Dirinya membeberkan bahwa, terdapat dasar penting dalam bernyanyi lagu-lagu rohanian dengan penuh keceriaan, yakni memberikan motivasi untuk pengembangan ilmu dan pengembangan iman serta takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Yang harus menjadi dasar kita bernyanyi dengan penuh keceriaan, tetapi juga memberikan motivasi untuk pengembangan ilmu dan pengembangan iman serta takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga ini menjadi esensi penting dalam penyelenggaraan kegiatan ini, tentunya persaudaraan antara antara sesama,” bebernya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, pada pelaksanaan Pesparawi XIV tingkat Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya itu terdapat 12 kategori lomba, dengan total jumlah peserta sebanyak 1.746 dari 13 Kontingen dengan rincian sebagai berikut :

1. Kabupaten Manokwari 250 orang
2. Kabupaten Fakfak 155 orang
3. Kabupaten Bintuni 150 orang
4. Kabupaten Kaimana 130 orang
5. Kabupaten Wondama 126 orang
6. Kabupaten mansel 70 orang
7. Kabupaten Pegang 30 orang
8. Kota Sorong 265 orang
9. Kabupaten Sorong 160 orang
10. Kabupaten Sorong Selatan 176 orang
11. Kabupaten tambrauw 73 orang
12. Kabupaten Raja Ampat 91 orang
13. Kabupaten Maybrat 170 orang

Diketahui, jumlah peserta itu belum termasuk pengurus Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) hingga peninjau dari masing-masing kontingen.

Sebelumnya, Pesparawi itu dibuka langsung oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad pada Sabtu lalu (22/6/24) lalu, bertempat di halaman Kantor Walikota Sorong dan resmi ditutup langsung oleh Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere bertempat di Aimas Hotel and Convention Centre, Kabupaten Sorong, Kamis (27/6/24).

Dijadwalkan, pelaksanaan Pesparawi ke-XV tingkat Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya tahun 2027 direncanakan akan dilaksanakan bertempat di Kota Pala, Kabupaten Fakfak. (Jharu)

____

Komentar