Perhelatan Gemilang Porprov I Papua Selatan Mengukir Sejarah Baru

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-1 Papua Selatan menjadi sebuah perhelatan gemilang yang mengukir sejarah baru bagi masyarakat 4 kabupaten di Provinsi Papua Selatan (PPS) yaitu Merauke, Boven Digoel, Asmat dan Mappi.

“Kita patut bangga karena Provinsi Papua Selatan sebagai provinsi baru telah lebih dulu menyelenggarakan Porprov. Ini membuktikan pemerintah dan masyarakat sangat menjunjung tinggi pembinaan dan pengembangan olahraga,” kata Ketua Panitia Porprov I Papua Selatan, Soleman Jambormias di Taman Mandala Merauke, Papua Selatan, Jum’at (10/11/23) malam.

Dia mengungkapkan, kini Porprov telah selesai meninggalkan sejumlah prestasi dan kenangan, semangat serta tekad terus bergelora dari atlet 4 kabupaten. Dibuktikan raihan medali emas dari setiap kabupaten.

“Peserta semangat pantang menyerah. Menciptakan atmosfir kompetisi dalam Porprov pertama yang diselenggarakan mulai 1-9 November 2023 dengan mempertandingkan 12 cabor pada 8 venue di Merauke,” beber Soleman Jambormias.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Selatan ini merincikan, diikuti 912 atlet dan 127 official. Diantaranya, Kabupaten Asmat menerjunkan 122 atlet dan 30 official. Boven Digoel menerjunkan 180 atlet dan 21 official. Mappi menerjunkan 144 atlet dan 42 official. Kabupaten Merauke menerjunkan 464 atlet dan 34 official.

Dikesempatan yang sama, Asisten I Setda Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno dalam sambutannya menutup Porprov I Papua Selatan mengatakan, memasuki usia pertama Provinsi Papua Selatan, panitia berhasil melaksanakan pesta rakyat dan Porprov.

“Ini suatu kebanggaan bagi kita semua bahwa Provinsi Papua Selatan yang merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB) saat ini bergerak melaksanakan pembangunan disegala bidang termasuk keolahragaan. Bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat,” ujarnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat PPS mengapresiasi perhelatan olahraga dua tahunan tersebut terselenggara dengan tertib, meriah dan sportifitas memperebutkan 233 medali pada 12 cabang olahraga meliputi pencak silat, karate, taekwondo, bulutangkis, basket, tenis meja, atletik, bilyar, sepakbola, bola volly, futsal dan catur. Ditambah, kejuaraan panahan Gubernur Cup.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada panitia dan jajarannya dalam melaksanakan Porprov pertama Papua Selaran dengan sukses dan lancar,” ucap Agustinus Joko Guritno. (Hidayatillah)

____

Komentar